blank
Iptu Walidi dari Propam Polda Jateng (kiri), melakukan pemeriksaan kepada para anggota Polres Wonogiri. Ini dilakukan secara mendadak dalam upaya Gaktibplin bagi insan Bhayangkara.

WONOGIRI – Polda Jateng, secara mendadak melakukan penegakan Keteretiban Kedisiplinan (Gaktibplin) bagi semua insan Bhayangkara di jajaran Polres Wonogiri. Kegiatan Gaktibplin ini, dilakukan oleh tim yang dipimpin Kanit 1 Urbinplin Unitprovos Bidpropam Polda Jateng, Iptu Walidi.

Kegiatan Gaktibplin oleh tim Polda Jateng ini, dilaksanakan secara mendadak Kamis pagi (24/10), diiawali pukul 05.30. Yakni dengan menggelar razia cegatan kepada semua jajaran Satlantas Polres Wonogiri, yang memasuki pintu gerbang kantor untuk memulai tugas dinas. Mereka satu-persatu diperiksa oleh Propam Polda Jateng, dengan didampingi oleh Kasi Propam Polres Wonogiri Iptu Supardi. Sebelum kemudian mereka melaksanakan apel pagi yang dipimpin oleh Kanit Regident Iptu Sugihantoro.

Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, sasaran Gaktibplin yang dilakukan Tim Propam Polda Jateng, ini meliputi pemeriksaan identitas pribadi semua personel, kelengkapan atribut, kerapian pemakaian seragam pakaian dinas, dan performance sikap dan penampilan anggota, serta pemeriksaan senjata api (Senpi) inventaris dinas.

Pemeriksaan dilakukan secara prosedural, sesuai dengan Juknis dan Jukrah yang telah ditetapkan oleh institusi kepolisian, dengan mendasarkan pada surat perintah Kapolda Jateng. Pemeriksaan mendadak Gaktibplin Polda Jateng ini, dilakukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2019. Tujuannya, untuk menjaga kedisiplinan anggota, agar senantiasa taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku. ”Sebelum kita menertibkan masyarakat, kita harus tertib terlebih dahulu dalam melaksanakan tugas,” tegas Iptu Walidi.

Hasil pemeriksaan di Satlantas, ditemukan pelanggaran satu personil yang berambut kurang rapi, dan langsung diambil tindakan dicukur untuk dirapikan langsung di tempat. Usai melaksanakan Gaktibplin di Satlantas, Tim Propam Polda Jateng meneruskan tugasnya untuk sidak di Mako Polres Wonogiri, guna melakukan tugas yang sama. Hasilnya, menemukan sembilan anggota yang dinilai melakukan tindak pelanggaran ringan, yakni menyangkut dengan sikap dan performance personel.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, melalui Kasi Propam Iptu Supardi, mengungkapkan, Gaktibplin telah secara rutin dilaksanakan oleh Propam Polres Wonogiri. ”Sehingga ketika dirazia secara dadakan oleh Propam Polda Jateng pun, tidak ditemukan pelanggaran yang berat,” jelas Iptu Supardi.

Kepada semua anggota, diserukan untuk senantiasa memedomani segala aturan kedinasan. ”Kalau kalian tidak bisa menyumbangkan prestasi bagi kesatuan, ya jangan sampai melakukan pelanggaran. Berikan yang terbaik bagi kesatuan kita,” tandas Kasi Propam Polres Wonogiri, Iptu Supardi

suarabaru.id/Bambang Pur