blank
RAKERNASLUB: Para peserta Rakernaslub Siwo PWI berfoto bersama, ketika tiba di Balai Wartawan PWI Provinsi Lampung. Foto: dok/riyan

LAMPUNG– Kepastian tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020, kini sepertinya sudah mendapat titik terang. Sebelumnya, PWI beserta Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Provinsi Papua, ditunjuk sebagai tuan rumah ajang silaturahmi wartawan Indonesia ini. Namun dalam perkembangan selanjutnya, penunjukkan Papua dipertimbangan kembali, dengan beberapa alasan.

Nama tuan rumah Porwanas lain yang kemudian muncul yakni, Provinsi Jatim. Hal itu juga diperkuat dengan pernyataan Ketua Siwo PWI Jatim Erwin Muhammad, usai diterima Sekretaris PWI Lampung Nizwar dan Ketua Siwo Lampung, Edi Purwanto, di Balai Wartawan Solfian Ahmad PWI Lampung, Kamis (24/10).

BACA JUGA : Taklukkan Persekat, Persiku Juarai Liga 3 Jateng

Erwin mengatakan, pihaknya secara resmi sudah mengajukan surat permohonan ke Siwo PWI Pusat, dan telah pula mendapat dukungan dari Gubernur Jatim. ”Dalam kaitan ini, PWI Jatim siap menggantikan Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porwanas pada 2020 mendatang,” kata dia usai pertemuan.

Ditambahkan dia, pihaknya akan mempresentasikan kesiapan Jatim, yang langsung akan disampaikan oleh Ketua PWI Jatim, dan Kepala Biro Humas Pemprov Jatim, pada Rapat Kerja Nasional Luar biasa (Rakernaslub), yang digelar mulai Jumat (25/10). Mereka juga akan menunjukkan surat dukungan dari PWI Jatim dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu Ketua Siwo PWI Jateng, Sigit Pramono menyatakan senang, jika Jatim dipilih oleh peserta Rakernaslub Siwo, sebagai tuan rumah Porwanas 2020.

Tujuh Absen
”Selain karena alasan biaya, Porwanas di Jatim letaknya tidak jauh dan mudah terjangkau. Kami akan berusaha mengirimkan sebanyak mungkin atlet, sesuai dengan jumlah cabor yang dipertandingkan dalam Porwanas nanti,” ungkap dia.

Rakernaslub Siwo PWI 2019 ini, dijadwalkan akan dihadiri Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, serta Ketua PWI Pusat Atal Depari.

Sampai saat ini sudah ada 27 Siwo PWI provinsi yang datang di Lampung. Sedangkan tujuh provinsi lain yang tidak hadir adalah, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tenggara. PWI Solo juga menyatakan tidak bisa mengikuti Rakernaslub.

Dalam pembahasan Rakernaslub Siwo PWI yang digelar Kamis-Sabtu (24-26/10) ini, di antaranya memutuskan tuan rumah Porwanas 2020, termasuk cabang olahraga yang dipertandingkan.

surabaru.id/Riyan