blank
Polisi bersama Tim SAR Wonogiri, berhasil mengevakuasi korban yang tewas karena hanyut dan tenggelam di Sungai Bengawan Solo.

WONOGIRI – Andrea Omega Damaris (20), Sabtu sore (5/10), tewas karena tenggelam. Warga asal Lingkungan Kedungringin RT 2/RW 6, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, ini ditemukan tewas di alur perairan Sungai Bengawan Solo, pada posisi utara Jembatan Juranggempal. Tepatnya di Lingkungan Sanggrahan RT 3/RW 8, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Wonogiri Kota AKP Budiyono, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, menyatakan, korban tenggelam karena tidak dapat berenang dan terseret arus ke lokasi perairan yang dalam. Polisi yang menerima laporan, segera mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi bersama Tim SAR Wonogiri.

Komandan Operasional SAR Wonogiri, Wisnu, menyatakan, untuk melakukan pencarian korban, diturunkan sebanyak 10 personel SAR. Pencarian korban kecelakaan air ini, dimulai pukul 14.30 dan pada pukul 16.00 berhasil mengangkat korban dari alur Sungai Bengawan Solo. Korban ditemukan pada posisi sekitar 50 Meter hanyut ke arah hilir dalam keadaan tewas.

Keterangan yang dihimpun dari lokasi, menyebutkan, siang itu korban mengajak rekannya yakni Aditia Rismawan Hidayat (20), warga Lingkungan Sanggrahan RT 3/RW 8, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, untuk mencari buah Duwet yang tumbuh di tepi sungai. Karena cuaca panas, keduanya tergoda untuk mandi ke sungai di bagian pinggir.

Mendadak Saksi Aditia pamit akan buang air, dan meninggalkan korban mandi sendirian. ”Tapi sudah saya pesan, agar tidak ke arah tengah sungai, sebab arusnya deras dan dalam,” ujar Aditia kepada petugas. Tapi pesan Aditia ini diabaikan, dan korban hanyut terseret arus, ketika posisinya bergeser ke arah tengah sungai. Sebelum tenggelam, Andrea sempat berteriak minta tolong karena hanyut. Tapi Aditia tidak mampu memberikan pertolongan, karena korban keburu tenggelam dan hanyut.

Menyikapi rekannya tenggelam dan hanyut, Aditia berupaya mencari pertolongan ke warga sekitar, dan kejadian ini segera dilaporkan kepada perangkat kelurahan dan diteruskan ke Polsek Wonogiri Kota. Segera kemudian dilakukan pencarian, dan selang 1,5 jam kemudian, korban berhasil ditemukan dalam keadaan tewas.

suarabaru.id/Bambang Pur