blank
Camat Selogiri Kabupaten Wonogiri, Sigit Purwanto (kiri), memberikan penjelasan pelaksanaan Pilkades Desa Jaten, kepada Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dhaniel. Ikut mendampingi Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati.

WONOGIRI – Sebanyak 64 orang petahana, gagal memperpanjang jabatannya sebagai Kepala Desa (Kades) lagi. Sebab, mereka gagal terpilih kembali karena kalah dalam mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Pilkades Tahap III Tahun 2019, Rabu (25/9), digelar serentak di 186 desa di 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, Jumat (27/9), menyatakan, jumlah calon yang maju dalam Pilkades Tahap III sebanyak 462 orang. Terdiri atas 397 pira dan 65 wanita. Jago pasangan suami-istri ada sebanyak 28 orang, dan jago yang masih ada pertalian saudara (famili) sebanyak 18 orang.

Jumlah jago dari petahana totalnya ada sebanyak 168 orang, dan yang gagal terpilih atau tumbang sebanyak 64 orang atau sebanyak 38 persen. Kemudian petahana yang memenangi kembali Pilkades ada sebanyak 104 orang (62 persen). Selebihnya, yakni sebanyak 82 orang jago pemenang Pilkades Tahap III adalah wajah baru.

Diantara wajah baru yang memenangi Pilkades, adalah Drs Jarot Kristanto MPd, yang dulu pernah menjabat Kabid Olahraga di Disdik Wonogiri dan kemudian mutasi jabatan menjadi Kabid Lalu Lintas di Dishub Wonogiri, serta terkahir sebelum pensiun menjabat Sekcam di Kecamatan Baturetno. Di Pilkades Batuwarno, Jarot Kristanto yang berpendidikan S2, mendapatkan dukungan sebanyak 947 suara. Kemudian Mantan Kades setempat, Darmono, yang menjadi rivalnya, hanya memperoleh dukungan sebanyak 543 suara.

Pilkades di Desa Watangrejo, Kecamatan Pracimantoro, dimenangi oleh Petahana Hermadi dengan dukungan sebanyak 1.161 suara. Petahana Sutarman, juga memenangi Pilkades di Desa Tubokarto, Kecamatan Pracimantoro, dengan memperoleh dukungan sebanyak 1.393 suara. Petahana Kadris, juga menang di Pilkades Desa Puwosari, Kecamatan Wonogiri Kota, dengan mendapatkan dukungan sebanyak 974 suara.

Seperti pernah diberitakan, Pilkades Tahap III yang digelar serentak di 186 desa di 25 kecamatan tersebut, merupakan pesta demokrasi tingkat desa terbesar dalam sejarah pemerintahan di Kabupaten Wonogiri. Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, menyatakan, Pilkades serentak tersebut dapat berjalan aman, lancar dan tertib.

suarabaru.id/Bambang Pur