blank

ASN ikuti apel 17-an di Halaman Setkab Magelang, Selasa (17/9). (Foto:SB/Tuhu)

 

BOROBUDUR – Belanja Langsung APBD Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 2019, Rp 958.382.972.631. Tetapi sampai akhir Agustus baru terserap 21 persen. dan realiasi fisiknya tercapai 45,57 persen.

“Capaian itu lebih rendah dibanding periode sama tahun lalu,” kata Sekda Drs Adi Waryanto, Selasa (17/9) dalam apel 17-an di Halaman Setkab Magelang.

Anggaran Rp 958.382.972.631 dialokasikan untuk membiyai 1.921 kegiatan. Mestinya sampai akhir Agustus sudah terserap 65,26 persen dan realisasinya tercapai 61,52 persen.

Karena itu seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) ditekankan agar melakukan percepatan realisasi keuangan dan capaian fisik.

Tentang kebakaran hutan Gunung Merbabu, dikatakannya, musibah itu memberikan pelajaran bahwa bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

“Kebakaran tersebut telah menghanguskan 436 hektar lahan dan mengancam ekosistem flora dan fauna, serta mengganggu puluhan sumber mata air sebagai pemasok air untuk masyarakat sekitar,” katanya.

“Kami minta kepada semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran dalam menjaga lingkungan sebagai tanggung jawab bersama,” tandasnya.

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu upaya pemadaman dan pengendalian di area kebakaran.

Menjelang pemilihan kepala desa serentak 24 November 2019 di 294 desa ,hendaknya dijaga kondusivitasnya.

“Mari kita berikan dukungan dan motivasi agar masyarakat desa bisa menggelar pesta demokrasi secara langsung dalam rangka berpartisipasi dalam pembangunan, terutama dalam mensukseskan pilkades serentak,” tuturnya. (Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro).