blank
Wali Kota Sigit Widyonindito mengibaskan bendera start jalan sehat HUT Kemerdekaan diikuti lebih dari 15.000 peserta, (Humas Pemklot Magelang)

 

 

MAGELANG- Kegiatan jalan sehat memeriahkan HUT Ke 74 Kemerdekaan Minggu (18/9) menjadikan kawasan Alun-alun Kota Magelang lautan manusia.  Lebih dari 15.000 orang memadati lokasi tersebut.

Wali Kota Sigit Widyonindito juga berkomentar,  peserta jalan sehat sukses membuat kawasan alun-alun dan sekitarnya menjadi lautan manusia. Rute yang ditempuh sejauh 4,3 km.

Warga memenuhi Jalan Alun-alun Timur depan eks Gedung Magelang Teater menunggu aba-aba kibasan  bendera start yang dilakukan wali kota. Sigit   bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Magelang juga mengikuti jalan sehat itu.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang Jarwadi mengatakan, jalan sehat dalam rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan rutin dilaksanakan. Hanya rute yang dilewati selalu berbeda.

Untuk tahun ini rutenya dari Alun-alun Kota Magelang ke Jalan Mayjend Sutoyo, Jalan Diponegoro, Jalan Pahlawan, Jalan Abdurahman Saleh, Jalan A Yani dan berakhir di Alun-alun Kota Magelang.

‘’Jalan sehat momen olah raga bersama, bergembira dan masyarakat berkumpul. Selain itu, juga membangun silaturahmi sekaligus mengenalkan potensi dan kondisi di setiap sisi Kota Magelang,’’ ujar Jarwadi.

Dia mengakui peserta jalan sehat kali ini termasuk yang paling banyak dibanding gelaran yang sama pada tahun sebelumnya. Tak hanya diikuti warga Kota Magelang, tampak luar daerah pun turut serta memeriahkannya.

‘’Pesertanya terbanyak kali ini. Kami menyediakan tiga sepeda motor sebagai hadiah utama, dari bantuan CSR, BUMD dan masyarakat. Juga hadiah lainnya berupa sepeda gunung, LED, kulkas, dispenser dan ratusan doorprice,’’ terangnya didampingi Kabid Olahraga Disporapar Kota Magelang, Subarkah.

 

blank
Wali kota dan istri Yetti Biakti Sigit Widyonindito foto bersasama warga yang meraih hadiah jalan sehat, (Humas Pemkot Magelang)

 

Menurut Jarwadi, peserta yang jumlahnya sangat banyak ini dipicu semangat masyarakat untuk berolahraga. Selain itu, tingkat partisipasi aparatur sipil negara (ASN) kali ini juga cukup tinggi.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengatakan, jalan sehat memang menjadi momentum tepat bagi warga untuk tidak sekadar olah raga, tetapi juga wujud rasa syukur kepada Tuhan atas kondisi Kota Magelang yang aman dan nyaman.

‘’Kita bersyukur kepada Allah SWT akan karunia dan anugerah pencapaian yang baik, segudang prestasi, keindahan, kebersihan, kenyamanan, ketertiban oleh masyarakat dan untuk masyarakat,’’ tegasnya.

Mengenai HUT Ke 74 Kemerdekaan RI ke-74, Sigit menegaskan, harus dimaknai dengan penuh intropeksi diri. Terutama mengenang dan meneladani jasa-jasa para pahlawan.

‘’Semangat kita harus sejalan dengan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan di Republik Indonesia tercinta ini,’’ tuturnya.

Orang nomor satu di Kota Sejuta Bunga itu juga berharap, adanya jalan sehat yang diikuti belasan ribu peserta ini juga memberikan dampak positif bagi potensi Kota Magelang. Salah satunya adalah promosi pariwisata.

‘’Lewat kegiatan olahraga tak hanya menyehatkan,  juga menjadi promosi jitu untuk mengangkat potensi pariwisata di Kota Magelang. Warga bisa memanfaatkan momen ini kemudian mengunggahnya di media sosial, dan efeknya pasti akan sangat positif,’’ pintanya.

Raut wajah sumringah terpancar dari perempuan ASN Bagian Hukum Setda Kota Magelang, Lis Handayani. Pasalnya, berkat keikutsertaannya jalan sehat bersama dia berhak membawa pulang satu unit sepeda motor.

‘’Tidak menyangka karena sebelumnya selalu ikut jalan sehat tapi baru kali ini dapat hadiah. Hadiahnya utama lagi. Tentu sangat senang dan bahagia,’’ uangkapnya.

Dia mengaku ikut jalan sehat karena memang sudah menjadi kebiasaan satu keluarga. Saat itu dia mengajak serta anak-anaknya.

‘’Olahraga kan menyehatkan. Rutin sih, kalau ada selalu ikut. Saya harap ke depan jalan sehat semacam ini makin sering digelar dan makin banyak hadiahnya,’’ harapnya. (hms)

 

Editor : Doddy Ardjono