blank
Doa bersama sebelum pemberangkatan Jamaah Calon haji Kabupaten Kudus

KUDUS – Suasana haru terlihat dari wajah para Jamaah Calon Haji (Calhaj) saat Bupati Kudus HM Tamzil memimpin dan membacakan Sholawat Haji serta bacaan Talbiah, hal tersebut berlangsung dalam acara pemberangkatan Calhaj Kabupaten Kudus ke tanah suci Baitullah untuk menunaikan Ibadah Haji, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kudus di Pendopo Kabupaten, pada Kamis (25/7) pagi.

Dalam musim haji tahun 1440 H/ 2019 M ini, Kabupaten Kudus memberangkatkan sebanyak 1075 Jamaah Calon Haji (Calhaj) yang terbagi dalam 4 kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 64 sebanyak 238 Calhaj yang sudah diberangkatkan pada Rabu (24/7) sore, kloter 65 sebanyak 355 Calhaj, sebanyak 355 Calhaj pada kloter 66, serta 130 Calhaj pada kloter 67.

Pada kesempatan pagi ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus bersama Pemerintah Kabupaten Kudus memberangkatkan sebanyak 355 Calhaj yang tergabung pada Kloter 65 pada pukul 05.00, dan disusul 355 Calhaj Kloter 66 pada pukul 06.30. Sedangkan untuk Kloter 67 atau kloter terakhir akan diberangkatkan pada pukul 13.45 WIB pada hari yang sama (25/7).

blank
Jamaah Calon Haji berdoa bersama sebelum diberangkatkan

Bupati HM Tamzil yang memimpin jalannya upacara pemberangkatan mengatakan, dirinya selaku pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan selamat dan mendoakan agar Calhaj diberikan kelancaran dalam menjalani rangkaian Ibadah Haji di tanah suci.

“Kami atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Haji, kami mendoakan semoga Bapak Ibu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalani rangkaian Ibadah Haji,” ujar HM Tamzil.

Ibadah Haji, menurut Bupati, tidak semata-mata ibadah rohani, tetapi ibadah fisik yang membutuhkan tenaga dan kesabaran untuk melaksanakan, untuk itu dirinya mendoakan Calhaj agar selalu diberi kesehatan dan kekuatan selama melaksanakan rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Lebih lanjut, Dirinya meminta kepada seluruh tim petugas haji daerah (TPHD) dan tim petugas kesehatan daerah (TPKD) serta rekan rekan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten untuk memberikan pelayanan yang baik kepada Jamaah Calon Haji selama berada di Tanah Suci.

“Sebagai perwakilan kami Pemerintah Daerah disana (tanah suci), kami meminta THPD maupun PNS yang tahun ini berangkat Haji, untuk dapat melayani Jamaah Haji dengan baik, insya Allah pahala akan berlipat lipat,” pesannya.

blank
Kibasan bendera start oleh Bupati Kudus menandai pemberangkatan jamaah calon haji kabupaten Kudus

Selain itu, HM Tamzil juga berpesan pada para jamaah, untuk kembali menata niat yang ikhlas dalam beribadah. Karena dengan niat ikhlas, maka Allah akan memberi kemudahan dalam menjalaninya. Dirinya juga mendoakan agar Calhaj dapat memperoleh predikat haji yang mabrur.

“Niatkan hati dengan tulus ikhlas, dengan keyakinan, tentunya diiringi dengan doa, dan bekal kesehatan dalam menunaikan panggilanNya. Insya Allah, bapak ibu dapat menjalankan ibadah dengan lancar, sehingga memperoleh Haji yang mabrur, aamiin,” pungkasnya.

Selanjutnya Jamaah Calon Haji diberangkatkan menuju Embarkasi Donoduhan, Boyolali, ditandai dengan pengibasan bendera start oleh Bupati HM Tamzil, dan dijadwalkan sampai di Embarkasi pada kamis (25/7) sore. Kemudian pada hari Jumat (26/7) para Jamaah Calon Haji baru akan diterbangkan menuju Tanah Suci.(SuaraBaru.id)