Ormas Expo 2019, Tampilkan Berbagai Kegiatan dan Produk Layanan
(hery priyono)

SEMARANG – Setelah sukses diadakan tahun lalu, Ormas Expo kembali digelar di tahun 2019. Bertempat di Java Mall Semarang, kegiatan expo itu diadakan selama lima hari, mulai Rabu (10/7) hingga Minggu (14/7).

Acara expo yang digagas Badan Kesbangpol Kota Semarang tersebut bekerjasama dengan Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKSB) dan diikuti 30 organisasi masyarakat yang ada di Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang.

Ormas Expo 2019, Tampilkan Berbagai Kegiatan dan Produk Layanan
(hery priyono)

Ketua panitia acara yang sekaligus Ketua FKSB H. AM Jumai mengatakan di expo tersebut menampilkan beragam kegiatan, mulai dari pameran produk layanan ormas, unit usaha, klinik, konsultasi, hingga penampilan seni budaya dari ormas dan LSM yang ikut di expo tersebut.

“Acaranya juga diramaikan dengan Ngaji In the Mall bersama Ketua Muhammadiyah Kota Semarang. Dan yang unik di sini ada stand Sanggar Jodoh Mutiara Kasih yang bisa mencarikan jodoh orang-orang yang masih single,” katanya.

Jumai berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa lebih memperkenalkan ormas-ormas beserta kegiatannya ke khalayak ramai, sehingga peran utama dibentuknya sebuah ormas bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sementara itu, mewakili pihak Pemerintah Kota Semarang, Asisten II Wali Kota Semarang Widoyono mengatakan, Pemkot Semarang sangat mengapresiasi kegiatan Ormas Expo 2019, apalagi event tersebut terbilang langka karena di tempat lain belum pernah ada yang buat.

“Ormas yang mandiri akan menopang ketahanan kota maupun ketahanan pemerintah, sehingga satu sama lain saling support. Terlebih lagi sekarang ini beberapa ormas sudah memiliki produk-produk dan unit bisnis yang bisa membuat ormas tersebut mandiri, sehingga mampu menopang dirinya sendiri,” katanya.

Lebih jauh Widoyono mengungkapkan, Pemkot Semarang sangat mendukung ormas-ormas yang ingin meningkatkan kapasitas anggotanya, oleh karenanya pemkot siap memfasilitasi jika ada ormas yang membutuhkan pelatihan ekonomi. (suarabaru.id/hp)