blank
Wali Kota Sigit Widyonindito memberi sambutan pada acara buka puasa dan shalat tarawih bersama di Pendapa Pengabdian, Kota Magelang, Selasa malam (7/5) , (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Wali Kota Sigit Widyonindito mengajak warganya memanfaatkan bulan Ramadan dengan melakukan kegiatan yang baik dan bermanfaat, terutama memerangi hawa nafsu dan menghindari ucapan-ucapan bohong.

‘’Puasa tidak sekadar menahan makan dan minum, tapi juga mengendalikan hawa nafsu. Ucapan-ucapan bohong, dzolim, bisa membatalkan puasa. Kita diberi kesempatan sebulan sama Allah, mudah-mudahan bisa memerangi hal-hal seperti itu,’’ ajaknya saat acara buka puasa bersama dan pembukaan Safari Ramadan 1440H/2019 di Pendapa Pengabdian, (7/5) malam.

Dia menegaskan, ucapan bohong (hoaks) belakangan marak beredar di tengah masyarakat, baik melalui media elektronik maupun media sosial. Hal itu sangat berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan. Karena itu, dia meminta masyarakat untuk tetap menjaga silaturahmi.

blank
Saat melaksanakan shalat tarawih bersama, (Humas Pemkot Magelang)

Wali Kota Magelang juga juga mengajak masyarakat untuk berfikir cerdas. Salah satunya dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar undang-undang, ketika memberikan kritik dan saran kepada pemimpin yang terpilih pada Pemilu 2019.

‘’Saya ajak rakyat berfikir cerdas. Kalau pemimpin yang terpilih nanti tidak on the track, visi misi yang disampaikan waktu kampanye tidak sesuai, ya wajib diingatkan, sampaikan dengan baik-baik. Supaya kita menjadi teladan,’’ pintanya.

Safari Ramadan 2019 diisi dengan tarawih keliling (tarling) Wali Kota dan Forpimda Kota Magelang ke masjid-masjid di seluruh kelurahan di Kota Magelang.

Agenda rutin setiap Ramadan ini diawali di Pendapa Pengabdian rumah dinas Wali Kota Magelang, diisi dengan siraman rohani  tokoh agama Kota Magelang Mansyur Siraj. Safari Ramadan 2019 akan berakhir di Masjid Al Falah RT 04 RW 018 Kelurahan Rejowinangun Utara, Selasa (28/5). Selain itu,  juga diselingi dengan peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Agung Kauman, Rabu (22/5)

Kabag Kesra Kota Magelang, Hadi Sutopo, menambahkan setiap kelurahan akan menerima bantuan berupa uang tunai, peralatan shalat, Alquran, perlengkapan masjid dan sebagainya. Lembaga-lembaga yang memberikan bantuan antara lain Baznas, BPR Bank Magelang, Bank Jateng, Bank Jateng Syariah dan BPR BKK Kota Magelang. (hms)

Editor : DoddyArdjono