blank
Lionel Messi (kiri/dok)

BARCELONA – Telat panas, lalu melumat. Itu yang dilakukan Barcelona ketika memukul tamunya, Huesca, 8-2 pada pekan ketiga La Liga di Camp Nou, Senin (3/9) dini hari WIB. Huesca, yang baru promosi musim ini, langsung memimpin pada menit ketiga lewat gol penyerang Juan Hernandez. Barca lantas merespons dengan tiga gol yang dihasilkan Lionel Messi,  bunuh diri Jorge Pulido, dan Luis Suarez.

Tim tamu menipiskan ketinggalan sebelum turun minum melalui Alex Gallar. Pada babak kedua, La Blaugrana menambah gol berkat aksi Ousmane Dembele, Ivan Rakitic, Messi, Jordi Alba, dan penalti Suarez. Pelatih Barca Ernesto Valverde menyebut Messi dan kawan-kawan belum panas saat kebobolan gol pertama. Namun, secara keseluruhan dia memuji kegigihan dan kesabaran para pemainnya. Menguasai bola hingga 68 persen, pasukan tuan rumah melepaskan 31 tembakan dengan 15 mengarah ke gawang dan dua membentur gawang. “Kami membalikkan keadaan dengan kesabaran dan merangsek ke area mereka. Kami tak memberikan banyak peluang untuk lawan, tapi peluang yang benar-benar kami berikan berujung gol,” ungkap Valverde.

Bek kiri Barca Jordi Alba bersinar dalam kemenangan telak ini. Dia membuat respons bagus selepas tak masuk skuad Spanyol di bawah arahan Luis Enrique. Spanyol bakal melakoni laga internasional melawan Inggris dan Kroasia. Alba mengoleksi 66 caps bersama La Furia Roja sejak menjalani debut pada 2011. Dia merupakan pemain pilihan pertama di Piala Eropa 2012 dan 2016, serta Piala Dunia 2014-2018.

“Aku tak menyangka dicoret. Dipanggil atau tidak, itu tergantung keputusan pelatih,” tutur Alba. Dia pernah bekerja sama dengan Enrique saat masih membesut Barca. Menurut kabar yang beredar, hubungan keduanya kurang akur pada musim 2016-2017, musim terakhir Enrique di Camp Nou. “Aku tidak punya masalah dengan siapa pun di level profesional. Apa yang bisa kulakukan adalah menghormati keputusan yang sudah diambil,” jelasnya. (rr)