blank
Kapolsek Karangrayung, AKP Lamsir lakukan sosialisasi kepada para anggota karangtaruna di Desa Mendung. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kecamatan Karangrayung termasuk wilayah yang kini menjadi zona merah wabah covid-19. Pasalnya, sudah dua orang dari wilayah Sendangharjo dan Sumberjosari dinyatakan positif covid-19.

Tak hanya itu, informasi terakhir yang diterima, terdata sebanyak tiga orang yang mengikuti rapid tes harus diisolasi sampai menunggu hasil swab keluar. Sebab. ketiganya pernah mengalami kontak langsung dengan pasien terakir yang dinyatakan positif.

Adanya warga yang harus diisolasi karena terpapar covid-19 di wilayahnya, jajaran Polsek
Karangrayung turun ke bawah menyosialisasikan pentingnya isolasi mandiri pada perantau yang mudik ke kampung halaman di Karangrayung. Seperti yang dilakukan kepada para anggota karang taruna di Desa Mendung.

Belasan anggota dikumpulkan dan diberikan sosialisasi dan semangat agar mereka dapat menjadi pelopor bagi warganya. Hal ini penting sebab pasien covid-19 justru harus diperhatikan saat masa isolasi mandiri, bukan dikucilkan warga.

“Hari ini, kami memberikan semangat kepada anak-anak karangtaruna dari Desa Mendung agar bisa menjadi pelopor warganya yang baru diisolasi,” jelas Kapolsek Karangrayung, AKP Lamsir.

Tak hanya memberikan sosialisasi kepada para anggota karangtaruna saja. Pihaknya juga melakukan sosialisasi ke desa-desa guna memberikan pemahaman kepada warga agar bersama-sama mencegah sejak dini agar tidak terpapar virus corona ini.

“Juga kami berikan sosialisasi agar tidak menolak pemakaman jenazah yang berstatus PDP atau positif covid-19. Kami juga imbau kepada para pemudik yang masuk ke wilayah pedesaan di Karangrayung agar tetap melaporkan diri kepada RT dan RW untuk didata dan dimintai isolasi mandiri selama 14 hari,” jelas AKP Lamsir.

Hana Eswe-Wahyu