blank
MEMPRIHATINKAN: Kondisi ruang kelas Kelompok Belajar (KB) Harapan Bangsa di Kampung Sorogenen RT 05/05, Jagalan, Jebres, Kota Solo, terlihat memprihatinkan. (suarabaru.id/lbc)

SOLO, SUARABARU.ID – Kondisi ruang kelas Kelompok Belajar (KB) Harapan Bangsa di Kampung Sorogenen RT 05/05, Jagalan, Jebres, Kota Solo, sangat menyedihkan. Atap ruang kelas tersebut ambruk 10 bulan silam dan hingga kini belum mendapatkan penanganan serius dari Pemkot Surakarta.

Penanganan ambruknya ruang belajar tersebut dipertanyakan DPRD Kota Surakarta yang menilai Pemkot Surakarta tidak serius untuk memperbaiki ruang belajar yang sangat ditunggu para siswa-siswi dan orang tua siswa tersebut.

Wakil Ketua DPRD Surakarta, Sugeng Riyanto saat meninjau lokasi mengemukakan, dalam forum reses masa sidang pertama pad aawal November, anggota dewa menerima keluhan dari seorang guru KB Harapan Bangsa yang mengatakan lambatnya penanganan ambruknya atap ruang kelas.

“Kami menerima keluhan dan kami ingin bertanya keseriusan Pemkot Surakarta untuk penanganan persoalan ini. Ambruknya ruang kelas tersebut terjadi pada 27 Januari 2019. Beruntung saat kejadian ambruknya ruang kelas tersebut terjadi pada hari Minggu sehingga tidak ada korban jiwa,” jelas Sugeng saat meninjau lokasi, Senin (11/11).

“Saya tampung aspirasinya guru tersebut. Dan hari ini (Senin) berkesempatan mendatangi ke lokasi untuk melihat kondisi sekolah,” sambung dia.

Setelah mengecek lokasi, Sugeng mengaku prihatin dengan kondisi sekolah tersebut. Sebagai anggota DPRD Kota Surakarta, pihaknya sudah berkomunikasi langsung dengan kelurahan dan Dinas Pendidikan (Disdik), dan Pemkot Surakarta.

“Sejauh ini belum ada kepastian perbaikan sekolah. Kalau ambruknya akhir Januari, artinya sudah 10 bulan belum ada penanganan. Sangat disayangkan,” papar dia.

Sugeng berharap tahun depan ruang kelas yang ambruk ini segera diperbaiki dengan mengajukan anggaran di APBD murni atau APBD-P 2020. Saat ini untuk belajar siswa menempati ruang darurat yang dibangun di halaman sekolah.

Suarabaru.id/LBC