blank
Penanaman pohin tabebuya di jalan sodetan yang menguhubungan Jalan Sudirman dan Jalan Saewo Edhie Wibowo, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang menggerakkan organisasi perangkat daerah (OPD) dan perusahaan swasta yang berkantor di Jalan Jenderal Sudirman untuk kerja bakti membersihkan jalan, keramik, selokan dan saluran air.

Melalui kegiatan yang berlangsung beberapa hari lalu itu, juga dilakukan penanaman pohon tabebuya di jalan sodetan atau tembus antara Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Sarwo Edhi Wibowo.

Plt Kepala DLH Kota Magelang, Otros Trianto memimpin jalannya kegiatan tersebut.

‘’Kegiatan ini untuk menciptakan Kota Magelang yang bersih, rapi dan indah. Juga untuk mempertahankan Adipura yang rutin diraih setiap tahun,’’ kata Otros, kemarin.

Dia menuturkan, kerja bakti ini mengajak kalangan swasta untuk lebih memberikan kontribusi dalam menciptakan lingkungan Kota Sejuta Bunga yang asri dan bersih.

blank
Membersihkan keramik trotoar, (Humas Pemkot Magelang)

Kabid Pengelolaan dan Penanganan Sampah DLH Kota Magelang, R Jaka Prawistara menambahkan, kebersihan menjadi tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat. Bukan hanya sekadar mengejar piala Adipura, tapi demi kebersihan dan kenyamanan lingkungan.

‘’Kami terus dorong agar masyarakat sadar betapa pentingnya kebersihan lingkungan. Antara lain untuk kesehatan dan tentunya nyaman dipandang. Ini langkah nyata kita bentuk kepedulian pada lingkungan,’’ tuturnya.

Selain itu, yang dilakukan tidak hanya bersih-bersih, juga menanam sejumlah pohon tabebuya yang memiliki bunga seperti bunga sakura Jepang. Pohon yang sudah banyak ditanam di Kota Magelang ini sekarang ditambah jumlahnya dengan ditanam di jalan sodetan.

‘’Jalan sodetan ini salah satu jalur penting dan strategis di Kota Magelang. Selain letaknya di pusat keramaian, juga banyak dilalui pengendara baik dalam maupun luar kota. Artinya, mereka yang melintas akan terkesan dengan jalan ini, karena dihias dengan sejumlah pohon tabebuya yang ketika berbunga cukup indah dan menarik perhatian mata,’’ terangnya. (hms)

Editor : Doddy Ardjono.