blank
Para peserta FGD menyimak penjelasan para narasumber terkait tujuan dari kegiatan ini yakni mencegah upaya provokatif dan paham radikalisme. Foto: Hana Eswe.

GROBOGAN – Dalam rangka menjalin kerukunan guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Sat Binmas Polres Grobogan menggelar Focus Group Disscussion (FGD). Kegiatan ini diselenggarakan di sebuah hotel ternama di Kota Purwodadi, Rabu (31/7).

Hadir dalam kegiatan ini yaitu para kepala desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa se Kecamatan Penawangan juga tamu undangan lainnya. Dalam sambutannya, Kasat Binmas Polres Grobogan AKP H Ahmad Basirun mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sekaligus sebagai upaya cooling situation Harkamtibmas yang kondusif. Hal itu akan menjadikan Kabupaten Grobogan terhindar dari adanya aksi provokatif pasca Pilkades tahap II yang sudah dilaksanakan pada Rabu (10/7) lalu.

“Tujuan dari kegiatan ini yakni supaya tidak ada permasalahan pasca Pilkades serentak tahap II sehingga terjalin kerukunan dan pembangunan desa dapat berjalan dengan baik,” jelas AKP Ahmad Basirun.

Di samping itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan yakni menangkal radikalisme serta terorisme di kalangan masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, para peserta dapat memahami dan mengerti tentang paham radikalisme. Pasalnya, paham ini terdapat oknum tertetu yang ingin mencapai tujuannya dengan melakukan segala cara yang dapat meresahkan masyarakat.

“Pencegahan dini terhadap masuknya paham radikalisme merupakan salah satu upaya mensinergikan seluruh elemen masyarakat. Baik dar pihak keamanan, instansi pemerintah dan unsur terkait dalam menangkal masuknya paham radikalisme serta menjaha NKRI,” tambahnya.

Pihaknya berharap seluruh warga masyarakat Kabupaten Grobogan agar bersinergi untuk menangkal masuknya paham radikal serta bersama-sama menjaga Bhineka Tunggal Ika agar situasi Kabupaten Grobogan tetap aman dan kondusif.

suarabaru.id/Hana Eswe.