blank

Dosen Prodi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Unissula, AbiedRizky Putra Muttaqien ST MT MPWK mengikuti ujian terbuka doktor di Program DoktorTeknik Sipil (PDTS) Unissula, Kamis (5/12/2024). Ia menyampaikan disertasinya yang berjudul pemodelan tingkat paparan getar dan kebisingan pada Concrete Block Pavement (CBP) berdasarkan tipe sudut chamfer.

Para penguji antara lain Prof Ir Pratikso MST PhD, Prof Dr Ir S Imam Wahyudi DEA, ProfDr Ir Bambang Haryadi MSc, Dr Abdul Rochim ST MT, Ir Rachmat Mudiyono MT PhD, Dr Ir Kartono Wibowo MM MT dan Dr Ir Soedarsono MSi.

Menurut Abied kebutuhan akan ruang untuk hidup layak bagi manusia menuntutpemanfaatan lahan yang lebih optimal. Gencarnya pembangunan kotakota di kawasanrawan bencana dengan melakukan rekayasa infrastruktur merupakan upaya untuk mencapainisbah antara kebutuhan dengan ketersediaan ruang.

Pembangunan kotakota baru sebagian besar berada di sepanjang garis pantai. Selain keindahan alam yang didapatkan, juga berpotensi terjadinya bencana seperti banjir baikdisebabkan karena limpahan air permukaan (run off) maupun karena gelombang pasang air laut (ROB).

Karakteristik wilayah yang demikian memerlukan konsep pembangunan infrastrukturberwawasan lingkungan. Salah satu upaya dalam menyesuaikan kondisi tersebut ialahmenggunakan material paving sebagai jenis perkerasan yang berkelanjutan.

Permasalahan yang muncul pada material perkerasan paving adalah kecepatan maksimalyang dapat dicapai hanya 70 km/jam, selain itu adanya paparan getar serta tingkat kebisingantinggi yang ditimbulkan material jenis ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dalamberkendara. Apabila hal ini diabaikan dalam waktu yang lama maka pengendara akanmerasakan lelah dan dapat mengakibatkan gangguan konsentrasi sehingga dapat memicukecelakaan lalu lintas.

Tujuan penelitianya ialah untuk mengembangkan alat uji yang dapat mengetahui perilakumikro paparan getar dan kebisingan yang didasarkan pada tipe sudut chamfer. Penelitian inijuga akan menguji tipe sudut chamfer yang paling aman dan nyaman yang dapat diterimaoleh tubuh manusia.

Metode penelitiannya menggunakan teknik eksperimental, yaitu melakukan pengujiandengan alat yang dikembangkan secara mandiri di Laboratorium Transportasi FakultasTeknik Unissula pada beberapa jenis sampel dengan ragam tipe sudut chamfer yang berbeda(750, 600, 450 & 300) sehingga didapatkan nilai paparan getar serta kebisingan yang paling rendah.

Hasil penelitian diketahui bahwa semakin rendah sudut chamfer (300) menentukan semakinluasnya penampang interaksi antara roda dengan permukaan CBP yang akhirnya berpengaruhterhadap gaya tekan yang dihasilkan. Selain itu menurut Hukum Hooke yang menyatakanbahwa semakin tinggi gaya tekan akan berpengaruh terhadap besarnya resonansi dan amplitudo getaran. terbukti dari hasil penelitian ini bahwa semakin kecil tipe sudut chamfer maka semakin besar tingkat paparan getar dan tingkat kebisingan.

Abied Rizky Putra Muttaqien ST MT MPWK berhasil lulus dalam ujian terbuka tersebut dan berhak menyandang gelar doktor dengan indeks prestasi kumulatif 3,79. Ia merupakan lulusan ke 35 di Program Doktor Teknik Sipil Unissula.