blank
Wapres Gibran saat berkunjung ke Pasar Gotong Royong 'diserbu' pedagang dan warga. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke Pasar Gotong Royong Kota Magelang, Minggu (27/10). Pada kunjungan itu Gibran dialog dengan para pedagang, dan belanja aneka jajanan khas Magelang.

Ratusan pedagang dan warga antusias menyambut kedatangannya. Mantan Wali Kota Solo itu juga membagikan buku, susu dan sembako kepada warga.

Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz, yang mendampingi kunjungan Wapres Gibran menerangkan, kedatangan Gibran  untuk mengetahui dan memastikan stabilitas harga sembako di pasar tradisional tersebut.

“Hari ini ada aktivitas Bapak Wapres Gibran Rakabuming Raka di Pasar Gotong Royong, untuk melihat dan mengecek harga 9 bahan pokok. Harapannya jadi berkah bagi pedagang dan warga Kota Magelang,” kata Aziz.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (DPPKUM) Kota Magelang Syaifullah menambahkan, selama kunjungan Wapres menyapa dan berinteraksi dengan para pedagang di Pasar Gotong Royong.

“Misalnya (Gibran) tanya harga, terus belanja juga. Tadi saya lihat belanja cabai. Terus ada minyak, ada macam-macam tadi.  Jajanan-jajanan khas juga. Beliau ngersakke (ingin) pothil dan slondok,” terangnya.

Syaifullah menuturkan, Gibran juga bertanya soal eksistensi Pasar Gotong Royong, termasuk luas, sertifikat hak pakai (SHP) dan lainnya.

Seperti diketahui, Presiden Prabowo, termasuk Gibran beserta seluruh Menteri Kabinet Merah Putih melaksanakan retreat di Akademi Militer (Akmil) 23-27 Oktober 2024.

blank
Wapres Gibran belanja makanan tradisional Magelang pothil dan slondok. (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

Kegiatan kenegaraan tersebut membawa dampak positif bagi sejumlah sektor. Utamanya bagi usaha katering dan pelaku usaha lain.

“Seperti di Ngesengan, saya lihat ramai terus. Multiplier effect-nya luar biasa,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah Kota Magelang Hamzah Kholifi mengutarakan, Pemkot Magelang beberapa kali mengikuti rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait agenda retret Presiden dan anggota Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang. Karena itu, Pemkot turut berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Di hari terakhir retreat, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menyempatkan datang ke Pasar Gotong Royong.

“Di hari terakhir ini, berkenan Wakil Presiden kita, Bapak Gibran meninjau Pasar Gotong Royong. Semoga ada hikmah yang baik bagi pasar ini,” ujar Hamzah. (Prokompimkotamgl)