blank
Wakil Ketua DPRD Jepara, Drs H. Junarso

JEPARA (SUARABARU.ID) – Wakil Ketua DPRD Jepara Drs H. Junarso memberikan  apresiasi terhadap diselenggarakannya Gelar Karya PJ (Pengrajin Jepara) dan UMKM Jepara Expo 2024 yang akan berlangsung dari tanggal 25 – 28 Oktober 2024 di Jln. Pemuda dan Jln Kartini Jepara. Namun demikian ia  berharap, agar kegiatan pemeran dipersiapkan dengan perencanaan yang matang hingga tujuan pameran   dapat dicapai,  bukan hanya sekedar kemeriahan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Junarso kepada media  menanggapi gelaran Gelar Karya PJ (Pengrajin Jepara) dan UMKM Jepara Expo 2024. “Kami mendukung kegiatan kreatif yang melibatkan seluruh asosiasi dan sentra kerajinan serta UMKM yang ada di Jepara. Ini sebagai sebuah ikhtiar untuk menumbuhkan kembali spirit Jepara Incorporited dalam memperkuat daya saing daerah,” ujar Junarso.

Secara khusus ia juga  memberikan apresiasi terhadap pengrajin dan UMKM yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Menurut Junarso, pameran merupakan cara untuk memperkenalkan produk yang dimiliki oleh  perajin dan juga UMKM kepada calon konsumen. Juga untuk memperluas relasi atau mitra dan  memperkuat branding kota. Disamping itu pameran juga dimaksudkan untuk lebih mengenal kompetitor sekaligus mengetahui trand pasar.

“Karena itu disamping perlu persiapan dan perencanaan secara matang juga perlu didukung dengan promosi yang direncanakan dengan baik sesuai dengan tujuan pameran,” terangnya.  Karena itu kegiatan semacam ini perlu direncanakan khusus dan didukung  dalam penganggaran di APBD.

Ia juga mengajak eksekutif untuk mendiskusikan  even – even pameran yang akan digelar pada tahun-tahun yang akan datang guna memperkuat branding dan daya saing daerah. “Sebaiknya ada even yang menjadi kalender  tetap dan direncanakan dengan matang dan komprehensif,” ungkap Junarso.

Menurut Junarso, Jepara memiliki RA. Kartini dan Ratu Kalinyamat yang semuanya diperingati bulan April. “Baik jika kita mampu merancang kegiatan pameran pada bulan tersebut yang diselenggarakan secara kolaboratif dan integratif dengan seni budaya dan potensi unggulan yang dimiliki Jepara,” terangnya.

“Mungkin kita bisa menggunakan nama  Kartini seperti yang pernah kita lakukan. Sebab R.A. Kartini merupakan kekuatan absolut Jepara yang tidak dimiliki oleh daerah lain dan sekaligus secara historis memiliki peran besar dalam mengembangkan potensi industri Jepara.

Ia juga berharap, dalam menggelar pameran Pemerintah Kabupaten Jepara perlu juga melibatkan perusahaan-perusahaan besar yang ada di Jepara untuk memberikan suport dengan mengalokasikan dana CSR nya. “Juga dukungan dari pemerintah pusat,” pungkasnya

Hadepe