blank
Bersamaan dengan ramp chek yang dilaksanakan di halaman Dinas Perhubungan Kabupaten Wonogiri, Tim Pelaksana Operasi Zebra Candi 2024 Polres Wonogiri juga melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada para kru bus.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jajaran Sat Lantas Polres Wonogiri Pimpinan Kasat Lantas AKP Suboroto, menggelar ramp check terhadap armada bus di halaman Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini, menjadi bagian dari agenda pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2024.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, Kamis (17/10/24), mengabarkan, bersamaan kegiatan ramp chek tersebut, juga dilakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para kru angkutan umum bus. Yakni meliputi pemeriksaan kesehatan pengemudi dan kernetnya.

Untuk diketahui, ramp check adalah tindakan pengecekan dan pemeriksaan visual pisik bus sebagai moda transportasi pelayanan penumpang angkutan umum. Tujuannya, untuk memastikan kondisi kendaraan beserta seluruh komponennya berfungsi baik, dan laik jalan dari aspek safety untuk dioperasionalkan.

Tindakan ramp chek tersebut dilakukan bersama petugas teknis dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri. Pengecekan juga dilakukan terhadap dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan dan teknis laik jalan. Ini meliputi unsur administrasi adanya bukti lulus uji, kartu pengawasan izin operasional, kelengkapan STNK dan kepemilikan SIM.

Pemeriksaan yang menyangkut unsur teknis, mencakup fungsi sistem penerangan, pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan. Berikut unsur teknis penunjang, meliputi pengukuran kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan, perlengkapan tanggap darurat.

Tes Urine

Menurut AKP Anom Prabowo, serangkaian pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi pisik kendaraan laik jalan, dan kondisi kesehatan awak bus dalam keadaan fit. Hal ini penting dilakukan, dalam upaya menjaga keselamatan awak bus bersama para penumpangnya.

Dalam pemeriksaan kesehatan, petugas juga melakukan tes urine untuk melakukan deteksi dini ada tidaknya penggunaan obat-obatan terlarang. Dalam kesempatan itu, petugas juga memberikan sosialisasi kepada kru bus serta para penumpang, tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga keamanan di perjalanan.

Hasil pemeriksaan kesehatan, menyebutkan, semua kru angkutan bus dalam kondisi sehat, tidak ditemukan indikasi pemakaian obat terlarang. Pemeriksaan pisik bus dan kelengkapan dokumen administrasinya pun, semuanya dalam kondisi laik jalan dan lengkap.

Kepada para kru bus, disampaikan ucapan selamat jalan untuk meneruskan pelayanan sesuai trayek yang ditentukan, sampai ke tempat tujuannya masing-masing. Disertai pesan, agar mengedepankan aspek keamanan dan ketertiban, demi mewujudkan keselamatan dan kelancaran.(Bambang Pur)