blank
Ilustrasi wajah berjerawat. Foto: iStock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu memiliki masalah dengan jerawat? Ada banyak alasan kenapa jerawat sering muncul di wajah. Mulai dari perubahan hormonal hingga faktor genetik. Dengan mengetahui alasan tersebut, kamu bisa menentukan langkah-langkah untuk mencegahnya.

Jerawat merupakan masalah kulit yang dialami banyak orang. Namun, kamu mungkin bertanya-tanya kenapa jerawat muncul terus, terutama di wajah.

Melansir dari Halodoc, masalah kulit ini berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Namun, memang ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang lebih berisiko mengalami muka jerawatan berulang.

Ada beberapa alasan mengapa jerawat pada wajah dapat muncul secara berulang.

1. Perubahan hormon

Kebanyakan jerawat terjadi akibat perubahan hormonal. Terutama hormon androgen yang biasanya menjadi aktif selama masa remaja dan orang yang baru dewasa. Hormon androgen merupakan hormon yang produksinya meningkat ketika laki-laki dan perempuan mengalami masa pubertas.

Peningkatan hormon tersebut menyebabkan kelenjar sebaceous pada kulit membesar dan memproduksi lebih banyak sebum atau minyak. Selain pada masa pubertas, perubahan hormon juga terjadi pada wanita yang sedang mengalami menstruasi atau sudah berusia paruh baya.

2. Efek samping konsumsi obat tertentu
Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat memicu timbulnya muka jerawatan secara berulang pada wajah. Seperti obat-obatan yang mengandung kortikosteroid, testosteron, atau lithium. Alasannya, obat-obatan tersebut dapat mempengaruhi kadar hormon pada tubuh, sehingga menimbulkan jerawat.

3. Pola makan yang tidak sehat
Penelitian berjudul Association Between Adult Acne and Dietary Behaviors: Findings From the NutriNet-Santé Prospective Cohort Study menemukan bahwa seringnya konsumsi makanan tinggi gula atau lemak berkaitan dengan risiko jerawat 54 persen lebih tinggi.

Sedangkan, konsumsi minuman manis berlebihan berkaitan dengan risiko jerawat 18 persen lebih tinggi. Selain itu, beberapa makanan lain seperti makanan siap saji atau fast food juga berkaitan dengan peningkatan risiko pengembangan jerawat. Hingga saat ini masih belum jelas apakah makanan siap saji hanya meningkatkan risiko pengembangan jerawat, atau memang menyebabkan jerawat.

4. Stres yang tidak terkendali
Alasan kenapa jerawat muncul terus pada wajah juga bisa karena stres. Hal ini karena tingkat stres yang tak terkendali dan berkepanjangan dapat menimbulkan perubahan pada otak dan keseimbangan kimia pada tubuh. Kondisi tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Di samping itu, stres juga dapat membuat kulit menjadi lebih berminyak, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan muka jerawatan berulang kali. Hal ini lantaran kadar stres yang tinggi membuat tubuh melepaskan sejumlah besar hormon kortisol ke aliran darah, untuk memperingatkan tubuh mengeluarkan lebih banyak minyak dari kelenjar sebaceous.