blank
Ilustrasi wajah berjerawat. Foto: iStock

5. Kulit sensitif
Biasanya orang yang memiliki kulit sensitif lebih cenderung mengalami jerawat. Sebab, jenis kulit sensitif rentan akan iritasi atau ketidakcocokan produk perawatan kulit tertentu. Kondisi ini pada akhirnya menimbulkan muka jerawatan berulang.

Terutama akibat penggunaan produk perawatan kulit yang berminyak, seperti losion dan krim kental. Selain itu, penggunaan produk rambut seperti pomade juga berisiko sebabkan muka jerawatan pada kulit sensitif.

6. Riwayat keluarga
Selain itu juga karena faktor genetik. Bila kamu atau ada anggota keluarga yang memiliki muka jerawatan, riwayat keluarga bisa menjadi alasan kenapa jerawat muncul.

7. Kebiasaan merokok
Bahan kimia dalam asap rokok dapat merusak kulit seperti halnya organ tubuh lainnya. Parahnya lagi, racun yang terkandung dalam rokok juga dapat mengubah komposisi dan kepadatan minyak kulit atau sebum.

Bisakah Jerawat yang muncul berulang dicegah?

Ada beberapa cara untuk menurunkan risiko jerawat, diantaranya dengan mencuci wajah setiap hari dengan air hangat dan pembersih wajah ringan, lalu keringkan dengan menggunakan handuk bersih atau tisu wajah.

Selain itu kamu juga harus rutin menggunakan pelembap kulit. Pastikan kamu menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

Bagi para wanita, cobalah untuk menggunakan produk makeup yang bersifat non-comedogenic. Jangan lupa untuk menghapus riasan sebelum tidur. Hindari menyentuh wajah, terutama jika kamu belum mencuci tangan, serta kelola stres dengan baik dengan melakukan meditasi atau hobi yang kamu minati.

Ning S