blank
Gilbert Agius (tengah), memberikan keterangannya tentang kondisi timnya, saat sesi konferensi pers jelang lawan Persija. Foto: dok/mopsis

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Pelatih Kepala PSIS (Semarang), Gilbert Agius mengatakan, memulai kompetisi usai jeda internasional momen FIFA Match Day, timnya tidak dapat tampil full team.

Seperti dijadwalkan, tim berjuluk Mahesa Jenar itu akan menjamu Persija (Jakarta), pada laga pekan kedelapan BRI Liga 1 2024/2025, di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Kamis (17/10/2024).

”Persiapan menghadapi Persija normal seperti persiapan biasanya. Kita ada banyak waktu karena ada libur FIFA Match Day. Tapi sayangnya, kita harus kehilangan beberapa pemain untuk laga lawan Persija nanti,” kata Gilbert Agius, saat sesi konferensi pers, Rabu (16/10/2024).

BACA JUGA: FTP USM MoU dengan PT Sri Boga dan SMKN H Moenadi Ungaran

Disampaikan dia, ada empat pemain yang bakal absen lawan tim berjuluk Macan Kemayoran itu. Masing-masing Gali Freitas, Riyan Ardiansyah, Fernandinho, dan Evandro Brandao.

Untuk Gali Freitas bakal absen, karena winger andalan PSIS itu masih harus membela Timnas Timor Leste, dalam babak Playoff Piala AFF 2024. Untuk Riyan Ardiansyah dan Fernandinho, masih menjalani hukuman kartu merah. Evandro Brandao sendiri masih menjalani penyembuhan akibat cedera.

Namun PSIS bertekad untuk bangkit, usai menjalani empat laga dengan hanya mengoleksi satu poin. Dari empat laga terakhir yang telah dijalani, PSIS mencatat sekali imbang dan tiga kali kalah.

BACA JUGA: Alumnus Magister Hukum USM Terbitkan Buku tentang Peran Dewan Pengawas Perusahaan

”Ini adalah musim yang ketat dan sulit. Dan ini menjadi tantangan tersendiri. Tapi saya senang dengan komitmen pemain PSIS, yang selalu memberikan 100 persen dalam latihan. Laga lawan Persija, mudah-mudahan jadi momentum untuk memperbaiki posisi di klasemen,” ucap Gilbert lagi.

PSIS saat ini masih terpaku di peringkat ke-14 klasemen sementara, atau posisi lima terbawah dari 18 kontestan BRI Liga 1 2024/25. Dari tujuh laga yang sudah dijalani, PSIS mencatat dua kali menang, sekali imbang dan empat kali kalah.

Sementara itu, pelatih Persija Carlos Pena menyebut, tim asuhannya siap mencuri poin di kandang lawan. Pihaknya memanfaatkan jeda waktu yang cukup panjang itu, dengan melakukan beberapa perubahan.

BACA JUGA: Rektor USM Dorong Mahasiswa Lulus Tepat Waktu

”Kami mendapatkan momentum dan FIFA break ini, untuk melakukan banyak perbaikan. Kami sudah melakukan uji coba lawan Dewa United, dan kami siap untuk menjalani pertandingan ini,” ujar dia, di sesi konferensi pers usai Gilbert Agius.

Seperti diketahui, usai jeda FIFA periode September, Persija seperti kehilangan momentum, sehingga mendapatkan rentetan hasil buruk. Persija hanya meraih dua poin, dengan catatan dua kekalahan dan dua hasil imbang.

”Saya pikir kami telah siap. Kami menantikan untuk bertanding kembali, karena ini adalah hal yang para pemain dan pelatih ingin lakukan,” tegas Carlos Pena.

Riyan