blank
Personel TNI AD dari Koramil-08 Kodim 0728 bersama Anggota Polsek Giriwoyo Polres Wonogiri, tampil menjadi instruktur dalam pelatihan Linmas di Desa Bumiharjo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.(Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Personel TNI dari Koramil-08 bersama Anggota Polsek di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, tampil menjadi instruktur untuk melatih para Anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) tingkat desa. Yakni Linmas Desa Bumiharjo, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, pelatihan diberikan dalam upaya meningkatkan kapasitas, skill dan kualitas personel Linmas Desa Bumiharjo. Tujuannya, untuk menjadikan personel Linmas agar paham terhadap tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang diembannya. Supaya eksistensinya menjadi profesional dalam memberikan peran pengabdiannya ke masyarakat.

Untuk diketahui, menurut Permendagri Nomor: 26 Tahun 2020, Perlindungan Masyarakat atau Linmas, adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana, serta upaya untuk melaksanakan tugas membantu penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana,

Fungsi perlindungan masyarakat melekat pada sosok Linmas, untuk senantiasa siap siap mengabdi dalam ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan secara profesional.

Danramil-08 Giriwoyo Kapten (Cba) Budi Waluyo melalui Babinsa Serma Ratno, menyatakan, kegiatan latihan yang diberikan bersama aparat Polsek, adalah untuk penyegaran bagi anggota Linmas. pelatihan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Meliputi materi pembekalan dasar baris-berbaris, sistem pengamanan lingkungan, prosedur penanganan tindak kejahatan, serta latihan tentang kepedulian sosial kemasyarakatan.

Kepada para peserta pelatihan, dipahamkan bahwa tugas Linmas disamping melaksanakan perlindungan masyarakat, juga mempunyai peran penting dalam rangka penanggulangan dan penanganan bencana alam seperti musibah kebakaran, bencana tanah longsor, banjir, puting beliung.

Linmas, harus senantiasa siap membantu aparat dalam upaya menjaga situasi Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif. Siap membantu aparat dalam memberikan pelayanan sosial kemasyarakatan, termasuk ikut peduli memberikan solusi bila terjadi permasalahan warga.(Bambang Pur)