Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara Ali Hidayat saat melakukan pengecekan terakhir di Gedung Wanita RA Kartini Selasa 16 Oktober 2024

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Festival Tunas  Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Provinsi Jateng  yang akan digelar di Jepara mulai Selasa 16 Oktober 2024 akan dimeriahkan oleh ribuan orang peserta, ofisial, guru pendamping, pemecahan rekor muri menulis aksara Jawa di 3000 daun lontar, pengisi acara hingga peserta pameran UMKM.

“FTBI akan dilaksanakan dalam dua  kelompok kegiatan yaitu  tingkat SMP dan Tingkat SD.  Untuk tingkat SMP akan dilaksanakan mulai tanggal  15 Oktober-17 Oktober 2024  Sedangkan untuk lomba diselenggarakan di Ono Joglo Resort and Convention Jepara.  Sementara untuk lomba tingkat  SD akan digelar tanggal 22-24 Oktober 2024 di tempat yang sama.

Dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Pemkab Jepara akan menyelenggarakan  Pemecahan Rekor Muri Menulis Pitutur Luhur dengan Aksara Jawa di atas 3000 Daun Lontar yang akan diikuti  siswa SD dan Kartini Muda Jepara.  Kegiatan ini akan diselenggarakan di Gedung Wanita RA Kartini Jepara, Selasa 22 Oktober 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan,  Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara Ali Hidayat    saat melihat persiapan akhir di lokasi pembukaan FTBI di Gedung Wanita RA Kartini, Selasa (15/10-2024) siang.

Menurut Ali Hidayat, acara pembukaan akan dimeriahkan pentas wayang kulit mulai pukul 13.30 WIB  oleh dalang, pengrawit, pesinden dari  SMPN 1 Keling. Pentas akan menampilkan dalang  Muhammad Dimas Arsandi dengan lakon  Risang Gathutkaca.

Rangkaian acara dimulai dengan pra acara yang ditandai penyerahan tokoh wayang Gathotkaca oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Ali Hidayat kepada  Dalang  Muhammad Dimas Arsyandi dilanjutkan dengan prolog pentas oleh Arif  Mujiyono  “Pada acara pembuka akan ditampilkan juga  tarian siswa SMPN 1 Keling,” ujar Ali Hidayat.

Acara pembukaan akan di awali   dengan sambutan selamat datang oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, laporan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Syarifudin dan sambutan Kepala Badan Bahasa yang  direncanakan akan diwakili Sekretaris Badan Bahasa, Hafidz Muksin. Pembukaan akan ditandai dengan pemukulan gong. Selanjutnya akan ditampilkan Tim Karawitan SMPN 1 Jepara, dan terakhir  penandatanganan pakta integritas juri.

Dalam FTBI Tahun 2024  akan diselenggarakan  lomba membaca dan menulis aksara Jawa (nulis lan maca aksara Jawa), (2) mendongeng (ndongeng), (3) berpidato (sesorah), (4) menulis cerkak (nulis cerkak), (5) membaca geguritan (maca geguritan), (6) nembang macapat, dan (7) komedi tunggal (ndhagel ijen). Setiap mata lomba terbagi menjadi dua kategori, yakni putra dan putri, baik tingkat SD maupun SMP.

Pada akhirnya Ali Hidayat berharap, kegiatan FTBI Tingkat Jateng ini Jepara sebagai tuan rumah dapat mencapai 5 sukses kegiatan sabagi tuan rumah yang baik  yang meliputi sukses perencanaan,sukses pelaksanaan, sukses berprestasi terbaik dengan meraih kembali predikat juara umum FTBI Tingkat Provinsi Jawa Tengah, sukses ekonomi kerakyatan melalui pameran UMKM dan akomodasi serta sukses pengadministrasian kegiatan

Hadepe