blank
Wakapolres Kebumen Kompol Muhammad Nurkholis dan Ketua MUI KH Nursodik serta para ulama, Jumat 11/10.(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Silaturahmi Kapolres Kebumen bersama Majelis Uama Indonesia (MUI) dan para tokoh agama Kabupaten Kebumen sepakat bahwa Pilkada merupakan momen penting yang harus disukseskan.

Kegiatan silaturahmi berlangsung di Rupatama Gedung Tribrata Polres Kebumen, Jumat (11/10).

Hadir Wakapolres Kebumen Kompol Muhammad Nurkholis, Pejabat Utama Polres Kebumen, Ketua MUI Kebumen Kiai Nursodik, serta para kiai di Kabupaten Kebumen.

Wakapolres Kompol Muhammad Nurkholis dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan silaturahmi perlu dilakukan untuk menyamakan persepsi antara kepolisian dengan para ulama di Kebumen.

blank
Wakapolres Kebumen Kompol Muhammad Nurkholis menyerahka cindera mata kepada Ketua MUi setempat KH Nursodik, Jumat 12/10.(Foto:SB/Humas Polres)

Menurut Wakapolres, suksesnya Pilkada Kebumen merupakan tanggung jawab bersama. Bukan hanya tugas kepolisian, tetapi semua unsur. Bahkan elemen masyarakat serta para ulama juga wajib ikut menjaga suhu politi ketap sejuk guna  mewujudkan suksesnya pesta demokrasi yang sehat.

“Polres Kebumen pagi ini menggandeng para ulama untuk mewujudkan Pilkada yang bermartabat.= dan damai sehingga kegiatannya silaturahmi yang kita laksanakan hari ini diharapkan sebagai langkah awal menciptakan iklim sejuk pada tahapan Pilkada yang tengah berjalan,”ungkap Kompol Muhammad Nurkholis.

Kegiatan silaturahmi dibalut dengan dialog menyatukan persepsi satu sama lain. Termasuk kemiripan tugas kiai dan polisi sama-sama mengajak kepada kebaikan.

Ketua MUI Kebumen Kiai Nursodik mengungkapkan, ketenteraman negara harus dijaga bersama. Termasuk peran ulama mengajak masyarakat patuh terhadap peraturan.

Menurut Kompol Muhammad Nurkholis, tugas kepolisian ada tiga dan hendaknya didukung oleh MUI dan tokoh agama. Yaitu pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, dan pelindung, pengayom, serta  pelayan masyarakat.

“Saya mohon dukungan untuk tiga tugas pokok tersebut, dan tentunya mengajak MUI dan tokoh agama bersama menyukseskan kontestasi Pilkada yang aman dan nyaman,”pungkasnya.

Selanjutnya Ketua MUI Kiai Nursodik menambahkan, ia setuju dengan program Polres Kebumen dalam menyukseskan Pilkada bersama ulama.

Ia bersama dengan para ulama siap berkolaborasi dengan Polres Kebumen mewujudkan Pilkada Kabupaten Kebumen yang aman, damai, dan kondusif.

Komper Wardopo