Ketua Tim Pemenangan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi, Umar Wahid Hasyim saat mengunjungi KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) di Rembang, Selasa 8 Oktober 2024. (Foto: Dok)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – KH dr Umar Wahid Hasyim, Ketua Tim Pemenangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi di pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024, menyambangi sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama (NU).

Umar Wahid Hasyim yang merupakan adik Presiden RI ke 4, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengunjungi  KH Ubaidillah Shodaqoh selaku Rais Syuriyah PWNU Jawa Tengah, hingga KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) di Rembang.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Suarabaru.id, Umar Wahid Hasyim bersilaturahmi untuk angka membangun komunikasi dengan segenap tokoh dan kasepuhan NU.

Hal itu, kata cucu pendiri NU KH Hasyim Asy’ari itu, sebagai langkah menuju pemenangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi.

“Saya bergerak di lingkungan non struktural NU,” tutur Umar Wahid Hasyim, di Semarang, Senin 7 Oktober 2024.

Seperti diketahui, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut 1, Jenderal TNI (Purn) M Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi alias Hendi maju dalam kontestasi Pilgub Jateng 2024 diusung PDIP. Pasangan ini akan melawan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Direktorat Komunikasi Informasi dan Kegiatan Keagamaan Tim Pemenangan Andika-Hendi, Muhammad Mahbub Zaky menjelaskan, Umar Wahid Hasyim diterima sejumlah tokoh – tokoh NU di Jawa Tengah.

Terlebih, kata dia, Umar Wahid Hasyim membangun komunikasi dalam pemenangan pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prhadi.

Mahbub Zaky mengungkapkan, tokoh – tokoh NU di Jawa Tengah memiliki keterikatan emosional dengan keluarga besar Gus Dur, termasuk Umar Wahid Hasyim selaku adik Gus Dur.

Atas dasar itu, kata dia, silaturami yang dilakukan oleh Ketua Tim Pemenangan Andika – Hendi tersebut diterima dengan baik oleh para tokoh-tokoh NU di Jawa Tengah.

“Kemarin sudah bertemu tokoh – tokoh NU di Semarang, kemudian beliau ke Rembang, dan hari ini beliau ada wilayah Pantura Barat untuk bertemu dengan beberapa tokoh hingga malam,” kata Mahbub, Rabu 9 Oktober 2024.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Tokoh-tokoh yang dikunjungi menerima dan memiliki pandangan yang sama dengan dokter Umar, dan rata – rata para sesepuh NU di Jawa Tengah memang memiliki kedekatan khusus dengan keluarga Gus Dur,” kata dia.

Mahbub mengungkapkan, safari politik oleh Umar Wahid Hasyim akan terus dilakukan paralel bersama kegiatan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi.

“Seperti yang dipesankan beliau selaku ketua Tim Pemenangan (Andika-Hendi), semua diminta bergerak ke relasinya masing-masing untuk pergerakannya,” katanya.

 

Diaz Abidin