Sosok Umar Wahid Hasyim (kiri) dan Cagub dan Cawagub Jateng Andika Perkasa - Hendrar Prihadi, di Posko Pemenangan Jateng Perkasa, Jalan Pandanaran, Kota Semarang, Senin 7 Oktober 2024. (Foto: Diaz Abidin)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sosok Umar Wahid Hasyim adik dari Presiden RI ke 4, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) punya alasan kuat menjadi Ketua Tim Pemenangan Andika Perkasa – Hendrar Prihadi.

Andika Perkasa – Hendrar Prihadi maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024, melawan Ahmad Luthfi – Taj Yasin Maimoen.

Umar Wahid Hasyim, yang berprofesi seorang dokter itu punya alasan kuat menerima pinangan untuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Andika Perkasa – Hendrar Prihadi yang diusung PDIP.

“Dia pekan lalu begitu Pak Andika umumkan saya jadi metua umum tim pemenangan saya iyakan. Bahwa saya (sudah) kenal Pak Andika. Kita pernah diskusi berbagi pandangan cukup panjang,” kata dia di Posko Pemenangan Jateng Perkasa, Jalan Pandanaran, Kota Semarang, Senin 7 Oktober 2024.

Umar Wahid Hasyim merasa ada kecocokan, tentang bagaimana memandang cara membangun negara bersama-sama ke depan.

“Saya merasa harus berbuat sesuatu,” kata dia.

Dia mengatakan, pada usia yang sudah tidak muda saat ini justru menjadi semangat terus berbagi pikiran.

“Itu upaya saya untuk tidak pernah berhenti pikirkan kepentingan masyarakat kita” kata cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) tersebut.

Pertama Kali Bertemu Hendrar Prihadi

Umar Wahid Hasyim, pada momen tersebut mengatakan, baru pertama kalinya bertemu dengan Hendrar Prihadi.

Hendrar Prihadi, sosok yang akrab disapa Hendi merupakan Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah mendampingi Andika Perkasa.

“Tapi saya kenal betul neliau. Saya Ketua Persi (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia). Dia kembangkan RSUD KRMT Wongsonegoro, salah satu yang kita banggakan untuk seluruh RS di Indonesia,” kata dia.

“Jadi saya meyakini beliau berdua bisa membangun Jawa Tengah ini ke depan,” ujar dia melanjutkan.

Hal-hal tersebut, yang menjadi alasan kuat Umar Wahid Hasyim menerima pinangan menjadi Ketua Tim Pemenangan Andika Perkasa – Hendrar Prihadi, melawan Ahmad Luthfi – Taj Yasin pada Pilgub Jateng 2024.

“(Jadi) saya terima.  Saya bergerak di lingkungan NU yang non struktural. Kita komunikasi baik, Pak Andika komunikasikan dengan DPD (PDIP) Jateng. Walau kelihatan jalan sendiri-sendiri tapi akan sama-sama,” kata Umar Wahid Hasyim.

Diaz Abidin