Jus mangga. Foto: iStock

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mangga adalah buah tropis yang kaya manfaat bagi kesehatan. Di dalamnya terdapat senyawa amilase yang berfungsi melarutkan makanan di perut, dan memecah karbohidrat kompleks yang cenderung susah dicerna.

Melansir dari Halodoc, dalam satu mangga seberat 156 gram terdapat 67 persen kandungan vitamin C. Angka tersebut cukup untuk memenuhi nutrisi harian bagi tubuh. Ada beberapa keuntungan dari mengonsumsi mangga, diantaranya:

Mencegah diabetes

Meskipun mangga mengandung gula alami, penelitian menunjukkan bahwa buah ini tidak memicu diabetes jika dikonsumsi dengan bijak. Konsumsi mangga dalam jumlah sedang, terutama tanpa tambahan gula, dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

Mencegah radikal bebas

Mangga mengandung tujuh jenis antioksidan, termasuk magniferin, yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Padat nutrisi

Satu cangkir mangga memberikan 10% kebutuhan harian vitamin A dan 75% kebutuhan vitamin C. Selain itu, mangga juga mengandung folat, tembaga, vitamin E, dan vitamin B.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan magnesium dan potasium dalam mangga membantu menurunkan tekanan darah dan mengatur denyut nadi, serta mengurangi peradangan jantung.

Mendukung kesehatan mata

Nutrisi lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam mangga melindungi mata dari cahaya berlebihan dan radiasi blue light.

Rendah kalori

Dengan kurang dari 100 kalori per cangkir, mangga adalah pilihan yang baik untuk diet, membantu mengendalikan nafsu makan.

Mengkonsumsi mangga secara rutin mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Jika mengalami masalah kesehatan mental, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Ning S