FTP USM gelar kuliah umum dengan menghadirkan pakar probiotik.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) mengelar Kuliah Umum dengan menghadirkan pembicara Prof Ir Usman Pato MSc PhD dari Universitas Riau di Gedung V lantai 6 USM pada, 4 Oktober 2024.

Kegiatan yang mengambil tema ”Probiotik bagi Kesehatan Manusia” tersebut dimoderatori Aldila Sagitaning Putri, S Si MSc

Kegiatan dibuka Dekan FTP USM, Prof Dr  Ir Haslina M Si. Kegiatan dihadiri antara lain, dosen dan puluhan mahasiswa FTP USM.

Baca Juga: Isroi, Mahasiswa Magister Hukum USM Dilantik Jadi Ketua DPD GRIB Jateng

Dalam sambutan, Prof Haslina mengatakan, narasumber dalam kegiatan tersebut sangat kompeten di bidang probiotik. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa.

”Prof Usman berharap kegiatan kuliah umum bisa memberikan banyak pengetahuan bagi mahasiswa,” katanya.

Sementara itu, dalam materinya, Prof Usman mengatakan, kesehatan dimulai dari susu dan probiotik bisa memperbaiki kesehatan. Probiotik dapat digunakan hewan, manusia maupun dibidang pertanian.

Baca Juga: Dema USM Gelar Dialog Mahasiswa 2

”Probiotik adalah organisme hidup yang menguntungkan apabila dikonsumsi dalam jumlah cukup dengan mekanisme kerja memperbaiki keseimbangan mikroba di saluran pencernaan. Bentuk probiotik bisa berupa suplemen atau pangan fungsional,” ujarnya.

Menururtnya, sumber probiotik adalah asi, makanan fermentasi dan mikroba gut yang terdapat pada usus.

Beberapa syarat mikroba sebagai probiotik adalah viabilitas tinggi, tahan dengan asam baik asam lambung, asam empedu maupun asam lemak, bisa melekat pada saluran pencernaan terutama kolon dan bisa mengkolonisasi, antagonis terhadap bakteri patogen, memodulasi sistem imun, bersifat antimutagenik dan hiperkolesterol, aman sebagai probiotik, stabil selama pengolahan, penyimpanan dan sifat probiotiknya tidak hilang.

Baca Juga: Tim PkM USM Sosialisasi Diversifikasi Olahan Buah Pala di SMKN H Moenadi Ungaran

”Probiotik tidak untuk mengobati tetapi untuk mencegah,” ungkapnya.

Dia menambahkan, efek terapeutik probiotik meliputi kesehatan mental, kardiovasculer, saluran pencernaan, imunitas, sistem respirasi, Kesehatan kulit; akan tetapi pada masing-masing orang tergantung jenis kelamin, umur, kondisi fisiologi.

Claudia