Alya Azzahra Risqya didampingi Guru Pembimbing, Anna Murti (paling kiri) dari SDN Kliwonan, Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Jateng. Foto: Tamie
  1. MAPSI SD Cabang Menyanyi Duet Lagu Religi Selesai Digelar, Ini Daftar Juaranya

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – Kementrian Agama (Kemenag) Purworejo, Jawa Tengah, menggelar Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami (MAPSI) SD ke-XXV tingkat kabupaten.

Acara berlangsung di SMAN 7 Purworejo, Sabtu (21/09/2024) diikuti oleh 16 perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo.

Pada MAPSI Cabang ‘Menyanyi Duet Lagu Religi’, diikuti oleh 32 siswa siswi SD dari 16 kecamatan, bertempat di Lapangan Olahraga Indoor SMAN 7.

Sebelumnya mereka telah mengikuti seleksi dan menjadi juara 1 di tingkat kecamatan masing-masing.

Salah satu peserta, Alya Azzahra Risqya dari SDN Kliwonan yang mewakili Kecamatan Purworejo, mengatakan bahwa, untuk maju ke tingkat kabupaten ia mempersiapkan diri berlatih selama 2 minggu.

“Saya nyanyi duet dengan Erlangga, dapat nomor undi 07. Tadi menyanyikan lagu wajib Sifat Allah dan lagu pilihan berjudul Masitoh. Meskipun sedang batuk, tapi alhamdulillah tadi bisa lancar menyanyi,” tutur Alya usai lomba.

Selama persiapan, Alya dibimbing oleh Anna Murti yang selalu berpesan agar tampil penuh percaya diri. Apa yang ditampilkan harus sesuai apa yang diajarkan.

Guru pembimbing Alya, Anna Murti pun mengaku tidak mudah untuk mengajari dua anak yang memiliki kemampuan berbeda agar bisa menyanyi duet dengan baik.

Penampilan Alya Azzahra Risqya dan Erlangga di MAPSI SD ke-XXV Tahun 2024 Cabang Menyanyi Duet Lagu Religi. Foto: Tamie

“Tahun ini yang kedua, jadi relatif lebih mudah. Alhamdulillah berkat disiplin alia dan Airlangga, bisa juara satu di tingkat Kecamatan Purworejo. Tahun 2203 lalu, mereka juara 3,” papar Anna.

Para Juara

Sementara itu, Koordinator Dewan Juri MAPSI SD ke-XXV Cabang Menyanyi Duet Lagu Religi, Dwi Suryanto menerangkan bahwa, tahun ini jumlah peserta meningkat dari sebelumnya.

Semua kecamatan mengirimkan satu pasangan untuk lomba, sedangkan tahun lalu tidak semua berperan serta.

“Semua yang tampil tadi sangat layak tampil, bagus, semua tampil maksimal. Yang dinilai adalah kualitas suara, teknik vokal, intonasi, artikulasi, ekspresi, dan penampilan. Semua peserta menyanyikan Lagu Wajib berjudul Sifat Allah dan satu lagu pilihan,” tutur Dwi.

Selain Dwi, juri lainnya adalah Wahyu Wijayanto dan Risqa Nurul, menegaskan bahwa penilaian mereka objektif.

“Pemenang lomba tingkat kabupaten ini kan akan mewakili di tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kudus. Jadi harus benar-benar yang terbaik juaranya. Karena akan membawa nama Kabupaten Purworejo,” ungkap Dwi.

Dewan Juri pun akhirnya memutuskan para juara MAPSI XXV Cabang Menyanyi Duet Religi, yakni:

Juara 1 nomor undi 02 dari SDN Megulung Kidul, Kecamatan Pituruh. Juara 2 nomor undi 12 dari SD Muhammadiyah Kutoarjo, Kecanatan Kutoarjo. Juara 3 nomor undi 09 dari SDN Redin, Kecamatan Gebang.

Juara Harapan 01 nomor undi 7 dari SDN Kliwonan, Kecamatan Purworejo. Juara Harapan 2 nomor.undi 13 dari SDN 1 Bruno, Kecamatan Bruno. Juara Harapan 3 nomor undi 06 dari SDN Ngombol, Kecamatan Ngombol.

Tamie