PKY Jateng menerima mahasiswa magang dari Unkaha Semarang. Foto: PKY

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penghubung Komisi Yudisial (PKY) wilayah Jawa Tengah menerima mahasiswa dari Universitas Karya Husada (Unkaha) Semarang dalam rangka program ‘Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka’.

Program ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas wawasan mereka terkait lembaga Komisi Yudisial, serta merasakan pengalaman dunia kerja yang sesungguhnya.

Muhammad Farhan, Koordinator Penghubung Komisi Yudisial Jawa Tengah menjelaskan, mahasiswa magang akan belajar serta mendapatkan berbagai materi kelembagaan selama melaksanakan magang.

“Materi tersebut mencakup pemahaman tentang kelembagaan tugas dan wewenang Komisi Yudisial. Selain itu para peserta akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan seperti observasi peradilan, advokasi hakim, melakukan edukasi dan penyuluhan dimasyarakat,” ungkap Farhan, Kamis (19/9/2024).

Diharapkan, pengalaman ini tidak hanya menambah pengetahuan akademis mahasiswa, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan praktis yang bermanfaat dalam karier di masa depan.

Sarah, salah satu mahasiswa magang berharap program magang ini mampu menambah wawasan pengetahuan yang lebih luas tentang hukum, agar mahasiswa memiliki bekal untuk memasuki dunia kerja.

Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia profesional dan memahami lebih dalam mengenai peran penting lembaga Komisi Yudisial dalam sistem hukum di Indonesia.

Ning S