Nur Esa Sofiana. Foto: dok/didik

DELI SERDANG (SUARABARU.ID)– Sebuah penampilan luar biasa dibuat Tim Jiujitsu Jawa Tengah, yang tampil di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Dalam laga yang digelar di GOR MMA Kompleks Sport Center Disporasu, Deli Serdang, medali emas cabor ini dipersembahkan fighter putri, Nur Esa Sofiana, yang turun di nomor Fighting -62 kg Putri.

Jiujitsu sebenarnya cabor yang tidak diperhitungkan untuk mendapatkan medali emas bagi Jateng, sebab ini adalah cabor baru. Namun mereka membuktikan diri datang ke Sumut, bukan hanya sebagai penggembira, bahkan mampu memberikan emas dan perunggu.

Nur Esa dalam laga final yang dilaksanakan Rabu (18/9/2024), tampil penuh percaya diri saat menghadapi wakil Banten, Ivo Junua Rahmatin. Di partai itu, Nur Esa menaklukkan Ivo dengan nilai cukup telak dengan skor mencolok 11-1.

BACA JUGA: Sertijab Kabag Log dan Pengukuhan Sejumlah Kapolsek

Selain Nur Esa Sofiana, Jateng juga meraih perunggu lewat fighternya, Muhammad Masrokhan di kelas -77 kg. Masrokhan seharusnya bisa ke partai puncak, karena di semifinal menang atas atlet Jatim, Artz Brillian Perfecto Tanujaya. Namun hasil ini diprotes Jatim, sehingga kemenangan Masrokhan dianulir wasit.

”Sebenarnya kita sayangkan. Tapi kami cukup senang, karena atlet kami Nur Esa Sofiana bisa mempersembahkan medali emas,” kata Manajer Tim Jiujitsu, Suyitno, saat dihubungi usai pertandingan.

Dia mengakui, Nur Esa Sofiana memang ditarget meraih emas. Dan Pengprov JI Jateng menyiapkan betul atletnya itu, untuk bisa mencapai target. ”Alhamdulillah, kami mampu meraih target yang kami siapkan,” imbuh dia.

Jateng masih akan menurunkan dua atletnya pada pertandingan yang dilaksanakan Kamis (19/9/2024), di nomor Newaza. Di nomor ini Jateng menurunkan Syaifu Ranu di kelas -77 kg Putra, dan Syamsul Alwi kelas -62 kg Putra.

Riyan