Tim Putra Barongsai Jateng di nomor Naga Kecepatan Terbuka, berfoto bersama usai pengalungan medali. Foto: dok/konijateng

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tambahan satu medali perak sukses diraih Tim Putra Barongsai Jawa Tengah, di nomor Naga Kecepatan Terbuka, yang digelar di Martial Arts Arena, Medan, Sumatera Utara, Rabu (4/9/2024).

Tim Barongsai Jateng yang berlaga di PON XXI/2024 Aceh-Sumut ini, meraih medali perak dengan catatan waktu 0,44 detik, atau selisih 1 detik dari peraih medali emas, Sumatera Utara (0,43 detik). Sedangkan medali perunggu diraih Riau dengan catatan waktu 0,47 detik.

Pelatih yang juga Manajer Tim Barongsai Jateng, Handojo Halim Santoso mengatakan, hasil ini harus disyukuri, meskipun targetnya bisa meraih emas. Menurut dia, Sumut bermain baik pada laga ini.

BACA JUGA: Tekanan Tinggi di Arena PON Bisa Pengaruhi Mental Atlet

”Kami tetap bersyukur dengan raih medali perak ini. Sumut memang tampil lebih baik, meskipun catatan waktunya hanya selisih satu detik saja dari Jateng,” kata Handojo dalam keterangannya usai pertandingan.

Dia berharap, kontingen Jateng masih bisa meraih medali emas dari nomor Naga Halang Rintang, Naga Toulu Bebas dan Pakingsai Toulu Bebas maupun Kecepatan. Cabor Barongsai sendiri dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (8/9/2024) mendatang.

Ada 10 Nomor yang dipertandingkan dari cabor ini, seperti Naga Toulu Bebas, Naga Kecepatan, Naga Halang Rintang, Toulu Bebas, Toulu Tradisional. Nomor lainnya, Kecepatan Halang Rintang, Ketangkasan Zou Tou, Pakingsai Toulu Bebas dan Kecepatan.

Riyan