Ketum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana (keempat dari kiri), melepas atlet dari cabor Terjun Payung, Dayung, Triathlon dan Tim Panitia, di Bandara Achmad Yani, Semarang, Kamis (5/9/2024), menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bona Ventura Sulistiana mengungkapkan, hingga Kamis (5/9/2024) ini, kontingennya belum berhasil meraih medali emas, dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, karena beberapa faktor.

Hal itu seperti yang dia sampaikan, ketika melepas atlet dari cabang olahraga Terjun Payung, Triathlon, Dayung serta sejumlah panitia, di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (5/9/2024).

Diakuinya, Jateng belum mendapatkan medali emas, karena pada pertandingan sebelum acara pembukaan PON ini, pihaknya menyertakan cabor non-unggulan. Disebutkan dia, jika Jateng telah menurunkan beberapa atlet unggulan, harapannya medali emas bisa didapat para atletnya.

BACA JUGA: PDIP Vs Everybody di Pilkada Jateng, Strategi Puan Maharani Jaga Kandang Banteng

”Di hari-hari awal sebelum upacara pembukaan PON XXI/2024 Aceh Sumut, Jateng menyertakan atlet non unggulan. Sehingga kami menyadari, kalah bersaing untuk mendapatkan medali emas. Semoga untuk hari selanjutnya, para atlet unggulan Jateng mampu mempersembahkan medali emas,” harap Bona.

Menurut dia, tekanan yang tinggi di arena PON dan berbagai faktor lainnya, dapat mempengaruhi mental atlet Jateng. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh pihak, agar fokus dan memiliki semangat tempur yang tinggi.

Dia juga berharap, agar atlet-atlet yang berangkat dapat menunjukkan performa terbaiknya, dan membawa pulang medali bagi provinsi Jateng.

BACA JUGA: Dua Kali Hasil Imbang Bikin Idrus Gunawan Segera Benahi Penyelesaian Akhir

Sementara itu, Ketua Pengprov Terjun Payung Jateng, Edi Darmanto menyatakan, atletnya siap meraih prestasi di PON kali ini. Sesuai jadwal yang dirilis panitia penyelenggara, cabor Terjun Payung akan digelar di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar.

Empat penerjun sudah disiapkan, untuk berlaga di ajang olahraga multi event empat tahunan ini. Tim penerjun Jateng terdiri dari Petrus Riyadi Subagyo, Fatoni, Sutrisna, dan Tri Herwanto.

Edi menargetkan bisa meraih satu medali emas dari nomor Perorangan, yang diharapkan bisa disumbangkan dari atletnya, Fatoni, serta medali perak di nomor Beregu. Saingan terberat Jateng diperkirakan datang dari Jabar, yang merupakan rival terkuatnya di cabor ini.

BACA JUGA: Dibuka Jumat Besok, Bisik Serayu Festival Gelaran Budaya di Tepi Sungai Serayu

”Dengan persiapan yang matang dan semangat tinggi, tim Jateng optimistis dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Para atlet kini tengah mempersiapkan diri secara maksimal, untuk memberikan penampilan terbaik mereka, di kompetisi yang prestisius ini,” ujar Edi.

Ikut juga dalam rombongan atlet Jateng dan Tim Panitia menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut ini, di antaranya Bona Ventura Sulistiana, Ketua Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid, dan beberapa Wakil Ketua Umum KONI Jateng.

Sigit Pr