SMP Tahfidz Annur Mangunan sambut Tim Badan Akreditasi Nasional (4/9/2024). Foto: Dok/Ulil SB

JEPARA (SUARABARU.ID) – SMP Tahfidz Annur, Mangunan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara mendapat kunjungan dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar Menengah (BAN-PDM) Jawa Tengah.

Tim Asesor dari Jateng yang terdiri dari Sadiyo dan Sujono Setyawan ini rencananya akan melakukan visitasi di SMP Tahfidz Annur Mangunan mulai hari Rabu hingga Kamis (4 -5 September 2024).

Mereka melakukan tugasnya sebagai bentuk penjamin mutu dalam dunia pendidikan, serta melakukan penggalian data dan informasi yang sesuai kenyataan, serta memberikan nilai sesuai perangkat yang ada di sekolah tersebut.

Diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMP Tahfidz Annur beserta Ketua Yayasan Mangun Sari Mangunan, Tim Asesor dari Jateng ini disambut tari-tarian oleh siswa, rebana sholawat, Qiro’ah bi tartil dan pencak silat Pagar Nusa.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Tahfidz Annur H. Agus Sugiarto berharap pelaksanaan visitasi berjalan dengan lancar. “Kegiatan ini menjadi pendorong dalam menciptakan suasana pendidikan yang kondusif, serta memacu untuk bisa menjadi sekolah yang lebih bermutu dan maju,” kata Agus.

Sementara itu, Sadiyo selaku Asesor 1 menyampaikan bahwa kehadiran asesor adalah untuk mengklarifikasi dan melakukan observasi. “Observasi ini kita lakukan untuk mengetahui kesesuaian antara data dengan kondisi yang sebenarnya, sehingga pihak sekolah tidak usah ngelembur, karena semua sudah dikerjakan sesuai dengan waktu yang sudah ada,” ungkap Sadiyo.

Berbeda dengan Sadiyo, Asesor 2, Sujono, menyampaikan pengalamannya selama menjadi Asesor. “Yang menentukan nilai akreditasi adalah pihak sekolah itu sendiri. Jadi tinggal bagaimana sekolah mampu mengelola data membuat KSP, RPP, Kaldik dan lainnya. Dari situ akan muncul nilai yang diperoleh oleh sekolah”, terang Sujono.

“Alhamdulillah kami disambut dengan ‘SUMEH’ (Salam Uluran tangan MEsem dan Hati yang iKhlas),” pungkas Sujono.

Ua/Roshif