Paslon Afif-Husein yang didukung koalisi besar di Pilkada Wonosobo. Foto : SB/dok Humas Afif-Husein

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pasangan calon (paslon) Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Wonosobo Amir Husein (Afif-Husein) yang diusung 8 partai politik pemilik kursi di DPRD dan beberapa parpol non parlemen, akan mendaftar sebagai peserta Pilkada 2024, Kamis (28/8/2024) besok, ke Kantor KPU Jl Sabuk Alu No 2 B setempat.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Wonosobo, Eko Prasetyo Heru Wibowo, Selasa (27/8), ketika ditemui di Gedung DPRD setempat menyebut paslon Afif-Husein didukung PDI Perjuangan (13 kursi), PKB (10), Gerindra (6), Demokrat (5), Golkar (4), Nasdem (3), Hanura (1) dan Perindo (1).

“Terhitung ada 8 parpol pemilik 43 kursi di DPRD Wonosobo memberikan rekomendasi kepada paslon Afif-Husein. Selain itu, ada juga beberapa parpol non parlemen, seperti Partai Gelora, PBB dan PSI merapat ke kita. Insya Allah, parpol yang lain segera menyusul untuk bergabung,” tegasnya.

Menurut Eko, pasangan Afif-Husein telah didukung koalisi gemuk atau mayoritas parpol pemilik kursi di DPRD Wonosobo dan beberapa parpol non parlemen peserta Pemilu 2024 lalu. Semua parpol koalisi sepakat untuk memenangkan paslon Afif-Husein di Pilkada yang akan digelar 27 November 2024 mendatang.

Daftar Besok

Ketua DPRD Wonosobo, Eko Prasetyo Heru Wibowo. (Foto : SB/Muharno Zarka)

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Wonosobo Ahmad Faqih menambahkan sebelum pendaftaran paslon Afif-Husein ke KPU, terlebih dahulu akan dilakukan deklarasi koalisi parpol pengusung Afif-Husein di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo.

“Seluruh pengurus dan kader parpol pengusung Afif-Husein akan ikut deklarasi dan mengantar ke Kantor KPU. Selain itu, ada juga relawan Afif-Husein, komunitas seni tradisional, kelompok seni drumband, pasukan Hokya yang akan ikut mengiringi paslon Afif-Husein sampai ke Kantor KPU setempat,” ujarnya.

Dikatakan Faqih, paslon Afif-Husein dari Gedung Sasana Adipura Kencana dengan diiringi para pendukungnya akan berjalan kaki menuju Kantor KPU. Namun di saat menyerahkan berkas pendaftaran paslon hanya perwakilan parpol pendukung yang diperbolehkan masuk ke dalam gedung KPU.

“Seluruh pendukung paslon yang lain berada di luar Gedung KPU. Sepanjang perjalanan paslon Afif-Husein akan menyapa masyarakat yang menyambutnya. Di Gedung Sasana Adipura Kencana paslon Afif-Husein akan memberikan sambutan untuk menyapa para pendukungnya,” tandas dia.

Muharno Zarka