Tim Bulu Tangkis Jateng. dok/siwojateng

BANJARMASIN (SUARABARU.ID)– Manajer Tim Bulu Tangkis PWI Jawa Tengah, Budi Setyo Purnomo, mengaku gembira atas keberhasilannya mempertahankan medali emas beregu, di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) Ke-14, yang berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dikabarkan, pada Kamis (22/8/2024), kontingen Jateng menambah koleksi medali, dengan satu emas di cabang bulu tangkis beregu, dan perak di cabang bridge. Dengan tambahan itu, Jateng sementara menggenggam 1 emas, dan 2 perak. Satu perak sebelumnya diperoleh dari cabang biliar nomor Bola 9 Single.

Prestasi Jateng di bulu tangkis dan bridge ini, bukan saja menyita perhatian, namun juga monumental. Bertanding di Hall Badminton Hippindo, tim bulu tangkis Jateng meraih catatan gemilang, dengan mempertahankan medali emas di nomor beregu.

BACA JUGA: Dekan FH USM Lepas 99 Lulusan

Dalam babak final yang ketat, Fentri Susilo Utomo dkk mempersembahkan emas, setelah di laga final, mampu menumbangkan Jawa Barat dengan skor 2-1. Laga final ini merupakan ulangan Porwanas Jatim tahun 2022, yang mana saat itu, Jateng juga berhasil menggasak Jabar dengan skor identik 2-1.

Jateng yang merupakan unggulan pertama, membuka skor 1-0 atas Jabar, setelah pemain tunggal Fentri yang turun di partai pertama, mampu mengalahkan Yadi Mulyadi. Pada set pertama Fentri menang 21-6. Sesaat kemudian, lawannya memilih undur diri, saat skor 11-1.

Di partai kedua, ganda pertama Jateng, Aman Ariyanto/Sigit Budi Riyanto, menderita kekalahan dari Angga Nugraha/Apid Rosyidin dengan angka 12-21, 11-21. Pada set penentuan, duet Fentri/Bowo Wiranto, memastikan gelar untuk Jateng, usai membabat Kusnu Sujarwadi/Tatang W dengan skor 21-12, 21-11.

BACA JUGA: Ancaman GMNI Jateng Boikot Pilkada bila DPR RI Membangkang Keputusan MK

”Perjuangan teman-teman yang berlatih keras, dan melakukan latih tanding, akhirnya terbayar lunas. Kami berterima kasih kepada semua lini yang mendukung, pengurus PWI, pemprov, KONI, komunitas JBC, mitra kerja, dan suporter,” kata Budi, didampingi Koordinator Bulu Tangkis Siwo PWI Jateng, Darjo Soyat.

Sebelumnya, tim bridge Jateng juga membukukan prestasi bersejarah, dengan merebut medali perak. Kepastian itu didapat, setelah di laga final harus mengakui keunggulan Jabar, pada cabor yang dilangsungkan di Gedung Kwarda Pramuka, Kamis (22/8/2024).

Atas prestasi itu, tim yang bermaterikan Saptono JS, Imam Nuryanto, Bakti Yudatama, Moh Fahmi Insetyonoto, selain mendapatkan bonus berupa “uang jamu”, mereka juga akan diajak rekreasi ke Bali dari sang manajer, Linggarjati.

BACA JUGA: Konser Vote Fest akan Menampilkan Band Kotak dan Ngatmobilung

”Ini bentuk apresiasi atas prestasi perak di Porwanas. Semoga ke depan, teman-teman mampu berbicara di Porwanas mendatang, dan event-event Nasional lainya,” tambahnya.

Sebelumnya, cabang biliar juga menyumbangkan medali perak, melalui Hermansyah ‘Dio’ Bakrie. Dio yang tampil di nomor Bola 9 Single, kalah dari pemain Sulawesi Tengah, Harli Pratama, dengan skor 2-5.

Atas torehan prestasi itu, Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, menyampaikan selamat dan apresiasi, atas perjuangan para atlet yang mampu mengibarkan panji Jawa Tengah di kancah Porwanas.

BACA JUGA: Tingkatkan Perekonomian Jawa Tengah, Bank Jateng Raih Penghargaan The Best Indonesia Finance 2024

”Hebat, saya ucapkan selamat. Pencapaian hingga hari ini membuktikan, para atlet Jateng tak bisa dianggap remeh oleh lawan di Porwanas,” ungkap dia.

Di bagian lain, Ketua Siwo PWI Jateng, Erwin Ardian, juga angkat topi kepada para atlet yang memberikan prestasi terbaiknya untuk Jateng. Tak lupa, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada para mitra, yang memberikan support seperti Bank Jateng, Sukun, Djarum Foundation, Semen Gresik, dan Grand Batang City.

Riyan