Fakultas Hukum USM melepas 99 lulusan, yang dilakukan di Auditorium Ir Widjatmoko, Kamis (22/8/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Semarang (USM), Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum, melepas 99 lulusan di Auditorium Ir Widjatmoko USM, Jalan Arteri Soekarno-Hatta, Tlogosari, Semarang, Kamis (22/8/2024).

Pelepasan dihadiri Wakil Rektor I USM, Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, perwakilan pimpinan fakultas dan pascasarjana, ketua lembaga di lingkungan USM, ketua senat fakultas, dosen, perwakilan alumni, dan orang tua calon wisudawan.

Acara ini yang dibuka Ketua Senat Fakultas Hukum USM, Albertus Heru Nuswanto SH MH. Dalam laporannya, Ketua Program Studi S1, Dr Ani Triwati SH MH mengatakan, 99 lulusan itu terdiri dari 68 lulusan dari kelas reguler pagi, dan 31 lulusan dari kelas reguler sore.

BACA JUGA: Ancaman GMNI Jateng Boikot Pilkada bila DPR RI Membangkang Keputusan MK

Dekan FH USM, Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH MHum menambahkan, indeks prestasi bukan indikator keberhasilan seseorang. Namun seorang sarjana harus cerdas, inovatif, kreatif, dalam mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh di perkuliahan.

”Oleh karenanya, menjadi sarjana harus peka dan adaptif dengan lingkungan, dimanapun berada,” katanya.

Menurutnya, saat ini FH USM sudah memperoleh akreditasi Unggul. Dia berharap, peringkat akreditasi Unggul, akan menambah motivasi bagi lulusan untuk terus berprestasi selepas lulus dari FH USM.

BACA JUGA: Konser Vote Fest akan Menampilkan Band Kotak dan Ngatmobilung

Sementara itu, perwakilan alumni, Suyatno Djayan Ali SH MKn, memberikan motivasi kepada para lulusan, agar tidak minder menghadapi dunia kerja. Sebab, banyak lulusan FH USM yang sudah sukses, dan bisa dijadikan sebagai motivasi agar para lulusan terus berkarya menghasilkan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Wakil Rektor I, Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, yang mewakili rektor meminta agar para lulusan menjaga nama baik almameter dan menjaga integritas, apa pun profesinya.

Dalam periode kelulusan itu, Mutiara Aprilyani menjadi lulusan terbaik dari kelas pagi, dengan IPK 3,98. Sedangkan Fajar Setiawan dengan IPK 3,95 menjadi lulusan terbaik dari kelas sore.

BACA JUGA: Polisi Ringkus Pemuda Pohkumbang yang Simpan Ganja di Kamar Kos

Selain lulusan terbaik, pada kesempatan yang sama juga diumumkan kategori dosen favorit pilihan lulusan. Muhammad Iftar Aryaputra SH MH, menjadi dosen terfavorit kategori pria, dan Dr Ani Triwati SH MH, menjadi dosen terfavorit untuk kategori wanita.

Selain dosen favorit, lulusan kali ini juga memberikan apresiasi kepada Albertus Heru Nuswanto SH MH dan Efi Yulistyowati SH MHum, atas dedikasinya sebagai pendidik di FH USM.

Alumni juga memberikan penghargaan kepada Dekan Dr Amri, dan Kepala Tata Usaha, Amru Sulistyowati SE.

Riyan