Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Satya Graha (tengah), memberikan penjelasan terkait akan digelarnya konser Vote Fest yang mendatangkan Band Kotak dan Ngatmobilung.(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Konser Vote Fest menampilkan Band Kotak dan Ngatmobilung, akan digelar Sabtu malam (24/8/24) di Alun-alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri. Event budaya ini, diselenggarakan untuk sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada) 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, Satya Graha, menyatakan, Vote Fest merupakan gelaran seni budaya dan konser musik. Dislenggarakan oleh KPU Provinsi Jateng bekerjsama KPU Kabupaten Wonogiri, untuk mendukung sukses pelaksanaan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Wonogiri dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng 2024.

”Gelaran acaranya akan dimulai Pukul 15.00, dengan lebih dulu menampilkan kesenian Reog dan Kethek Ogleng,” jelas Ketua KPU Kabupaten Wonogiri, Satya Graha. Kemudian pada malam harinya, dirangkai dengan pentas Band Kotak dan Ngatombilung bersama Orkes Melayu (OM) PNS.

Kata Satya Graha, gelaran budaya tersebut bertujuan untuk sosialisasi Pilkada kepada massa pengunjung Vote Fest. Yakni dalam rangka mengajak masyarakat berpartisipasi aktif di setiap kegiatan tahapan Pilkada serentak Tanggal 27 Nopember 2024.

Sebagaimana diketahui, Band Kotak adalah rock band asal Jakarta. Dibentuk pada Tahun 2004 melalui kompetisi bakat The Dream Band. Saat ini terdiri atas vokalis Tantri Syalindri Ichlasari, bassis Swasti “Chua” Sabdastantri, dan gitaris Mario “Cella” Marcella. Nama band, “Kotak”, mewakili empat karakteristik berbeda dari anggota formasi pertamanya yang terikat oleh musik.

OM PNS

Mereka adalah Tantri Syalindri Ichlasari (Vokal), Swasti “Chua” Sabdastantri (Bass), Mario “Cella” Marcella (Gitar), Gilang “Gilang NR” Nanda Raharja (Drum), Asep “Silet” Sujarno (Gitar). Yang formasi sebelumnya, terdiri atas Julia Angelia “Pare” Lepar (Vokal), Prinzes “Icez” Amanda (Bass), Haposan “Posan” Haryanto Tobing (Drum) dan Qotrunnada “Qoqo” Fitriana (Gitar).

Ngatombilung, merupakan band asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengambil aliran musik pop jawa yang hampir semua lagunya berisikan tentang patah hati atau ditinggalkan oleh pasangan. Banyak juga lirik yang diambil dari kisah nyata sang penulis lagu yaitu Andry Priyanta, yang juga merupakan bassis dari Ngatmombilung sendiri.

Band asal Yogyakarta ini berisikan 5 orang yakni Awang Prawasta sebagai vokalis, Andry Priyanta sebagai gitaris atau bassis, Boris Sirait sebagai bassis dan 2 additional Ivan Lukito dan Bagus Muhammad.

Pada awal Tahun 2022, Ngatmobilung muncul ke panggung besar Yogyakarta maupun nasional, berkat lagu yang berjudul Pingal atau dalam bahasa Indonesia berarti Hilang. Lirik-liriknya sangat dalam tentang gagalnya percintaan, yang selalu menjadi bahan untuk lagu-lagu yang mereka ciptakan. Tahun 2022 melahirkan sebuah album pertama yaitu “Mbarep”.

Orkes Musik Pengin Nge-band Saksake, yang disingkat OM PNS berdiri sejak Juli 2018. Kiprahnya, mendapat tempat di hati para penggemar musik Wonogiri, terutama kalangan muda. Ini berkaitan dengan aliran musiknya yang unik, yakni pop dangdut (Pop Dut). Terlebih, OM PNS memiliki vokalis yang sudah cukup dikenal di belantika musik nasional, karena menjadi additional player vokalis Ada Band, Bagus Yahya.(Bambang Pur)