Ketua DPD LDII Kebumen H Gunardi didampingi para pengurus, Selasa 20/8.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Kebumen Ipda (Purn) H Gunardi berharap Pilkada November 2024 berjalan aman dan lancar serta tetap mengutamakan keutuhan warga.

“Beda pilhan wajar. Namun prinsipnya bagi kami yang penting masyarakat harus tetap utuh dan  bersatu. Kerukunan harus kita utamakan,”ungkap Gunardi kepada para awak media di sebuah rumah makan Jl HM Sarbini, Selasa (20/8).

Menurut Gunardi, di tengah susana memperingati  HUT RI Ke-79, pihaknya berkomitmen memelihara keharmonisan antarwarga dan antarormas yang telah terjaga dengan baik di Kebumen. Bahkan kerukunan itu harus terus dipupuk dan dipertahankan.

Membangun sinergi dengan berbagai pihak, lanjut Gunardi, termasuk membangun relasi dengan media menjadi penting. Hal itu agar berbagai aktivitas positif bisa dipublikasikan ke masyarakat. Bahkan semangat persatuan dan kesatuan penting sebagai upaya menjaga keutuhan NKRI.

Gunardi menyatakan, selama ini sinergi LDII sebagai ormas dengan Pemkab Kebumen serta  jajaran Forkopimda berjalan dengan baik dan harmonis. Bahkan LDII Kebumen berterima kasih atas perhatian dan dukungan Pemkab Kebumen.

Ketua DPD LDII Kebumen Ipda (Purn) H Gunardi.(Foto:SB/Komper Wardopo)

Pihaknya menyatakan, LDII Kebumen juga telah mengadakan silaturahmi kebangsaan beberapa waktu lalu di Hotel Candisari, Karanganyar. Kegiatan sukses dihadiri unsur tokoh agama Islam, Hindu, Budha dan Nasrani.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab atas perhatian dan kepedulian kepada LDII. Bantuan selama ini ada, baik dana pembangunan serta untuk pembinaan umat. Kita syukuri dan kami berterima kasih,”tandas mantan perwira Sat Intelkam Polres Kebumen itu.

Netral Aktif

Menyinggung pesta demokrasi Pemilihan Gubernur Jateng dan Pilkada Kebumen, Gunardi mengimbau segenap warga LDII menggunakan hak pilih. Dengan prinsip netral aktif. Artinya, LDII memberi kebebasan kepada warganya untuk menggunakan hak pilih secara bebas. Aktif dalam arti benar-benar menggunakan hak pilih dan tidak golput.

Mengenai perbedaan pilihan, Gunardi tidak mempermasalahkan. Apalagi rakyat sudah tahu siapa yang terbaik sebagai calon pemimpin  di Jawa Tengah maupun di Kebumen.”Kami netral aktif dan yang penting warga LDII gunakan hak pilih dengan baik. Tidak boleh golput,”tegasnya.

Gunardi pun tidak menyebutkan jumlah anggota LDII se Kabupaten Kebumen. Namun sesuai pendaatan pengurus, sampai saat ini pihaknya memiliki sekitar 70 masjid binaan LDII. Masjid tersebut untuk umum  atau bagi umat Islam.

Sementara itu Ketua PWI Kebumen Ondo Supriyanto mengapresiasi silaturahmi pengurus LDII Kabupaten Kebumen dengan awak media yang telah berjalan beberapa kali. Pihaknya berharap sinergi dan kemitraan positif yang telah terbangun akan terus berjalan dengan baik.

Pada silaturahmi dengan sejumlah wartawan itu Ketua DPD LDII Kebumen didampingi sejumlah pengurus. Antara lain Wakil Ketua Margono, Dewan Penasihat H Sudiyono dan H Ahmad Daldiri.

Komper Wardopo