Voice of SWCU UKSW berhasil membawa pulang piala gold prize pada kompetisi internasional di Tokyo. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Senandung merdu dengan harmoni yang memikat, membawa Voice of Satya Wacana Christian University (Voice of SWCU) kembali mengharumkan nama Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di tingkat dunia.

Paduan suara kampus Indonesia Mini yang termanis ini terus melebarkan sayapnya dengan torehan prestasi di panggung internasional. Kali ini, Voice of SWCU mendapatkan penghargaan membanggakan dalam kompetisi Tokyo International Choir Competition (TICC) 2024 pada Jumat hingga Minggu (26-28/7/2024) di Harumi Tokyo.

Voice of SWCU berhasil membawa pulang dua piala Gold Prize pada kategori Mixed Choirs dipimpin oleh conductor Eriyani Tenga Lunga dan kategori Folklore Music dipimpin oleh conductor Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd.

Dalam ajang bergengsi tersebut mereka mempersembahkan penampilan memukaunya dengan memadukan elemen tradisional dan modern. Setiap nada terdengar sempurna, membalut lirik yang menggugah dalam harmoni indah saat Voice of SWCU membawakan lagu Shio No Ne, Gloria Patri, dan Lux Aeterna pada kategori Mixed Choirs.

Selain itu, pada TICC 2024 ini Voice of SWCU juga memperkenalkan budaya Indonesia melalui lagu daerah yakni Oh Ading Koh dari Kalimantan Timur dan Tari Kembang Soka yang merupakan tarian daerah dari Ponorogo, Jawa Timur. Kedua lagu tersebut dinyanyikan pada kategori Folklore Music.

Capaian prestasi ini menandaskan komitmen UKSW untuk berkontribusi dalam Sustainable Development Goals (SDGs) ke 4 Pendidikan Berkualitas.

Pengalaman baru

Manajer Voice of SWCU, Juanita Theresia Adimurti mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi tingkat internasional ini. “Kami senang sekali bisa meraih prestasi ini. Tentunya Voice of SWCU tetap harus banyak belajar khususnya dalam mempelajari atmosfer kompetisi,” ungkapnya kepada Suarabaru.id, Kamis (1/8/2024).

Prestasi internasional yang diraih oleh Voice of SWCU bukanlah hal yang datang dengan mudah. Saat disinggung mengenai persiapan yang dilakukan, Juanita Theresia mengungkapan Voice of SWCU telah mempersiapkan dokumen administrasi dan latihan sejak bulan Februari lalu. “Sebelum bertanding, Voice of SWCU juga terus mengasah kemampuannya melalui kompetisi-kompetisi pada tingkat nasional dan regional Jawa Tengah,” jelasnya.