Ratusan orang mengikuti donor darah masal memperingati Hari Donor Darah Sedunia PMI Kebumen di Hotel Mexolie, Selasa 30/7.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) –  Memperingati Hari Donor Darah Se Dunia (HDDS) 2024. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menggelar donor darah masal yang berlangsung Selasa (30/7).

Kegiatan berlangsung semarak di Hotel Mexolie Panjer mengusung tema “Donorkan Darah Selamatkan Nyawa, Bergerak untuk Menggerakan”, dimulai Pukul 08.00 – 16.00.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto mengungkapkan, bPMI Kebumen banyak mengadakan kegiatan dalam memperingati HDDS. Salah satunya donor darah masal dan temu koordinator donor darah se-Kabupaten Kebumen.

“Kegiatan HDDS tahun ini ada dua acara penting, Pertama ada donor darah masal  dan temu koordinator donor. Jadi kita kumpulkan masyarakat umum untuk donor, dan kita kumpulkan koordinator donor se-Kebumen di dalam forum terpisah. Untuk apa, untuk bisa sharing satu sama lain membangkitkan semangat dan mencari strategi baru agar pendonor-pendonor yang ada di Kebumen semakin banyak,”terang Sabar Irianto.

Sedangkan Kepala UDD PMI Kebumen dr Dewi Sulistiyaningrum menambahkan, pdalam donor darah massal ini pihaknya mampu meraup 280 kantong darah berhasil dihimpun dari ratusan pendaftar yang datang.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto memberi sambutan pada temu koordinator donor darah suka rela di Hotel Mexolie Selasa 30/7.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

“Luar biasa sekali kegiatan donor darah massal ini, ternyata antusiasme masyarakat tinggi. Target awal kita hanya 250 kantong untuk hari, Alhamdulilah perolehan melebihi target dengan mendapatkan 280 kantong,”ucap dokter  Dewi.

Layani 12 Rumah Sakit

Dewi menyatakan, UDD PMI Kebumen dituntut memenuhi permintaan darah setiap hari yang mencapai rerata 80-100 kantong untuk 12 rumah sakit se-Kebumen

“Meski perolehan hari ini terbilang cukup banyak dan aman untuk stok 3-4 hari mendatang, tidak dapat memungkiri bahwa permintaan darah setiap harinya  mencapai 80-100 kantong. Karena kita memasok untuk 12 rumah sakit se Kebumen” tambah perempuan tersebut.

Pada kegiatan donor darah PMI Kebumen kali ini, bagi pendonor yang telah berhasil mendonorkan darahnya mendapatkan souvenir berupa tas dan mug gelas. Selain itu pendonor juga diberikan bingkisan menu donor dan hidangan ringan bubur kacang ijo.

Yang menarik, dari ratusan pendonor yang berminat menyumbang darah memperingati HDDS 2024 ini, mereka datang dari berbagai kalangan. Ada dari ASN/PNS, TNI dan Polri, masyarakat, karyawan swasta dan generasi muda.

Komper Wardopo