Para personel Polres Kebumen mengikuti ujian bela diri Polri di halaman Mapolres Jalan Tentara Pelajar, Rabu 31/7.(Foto:SB/Humas Polres Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Seluruh personel Polres Kebumen berpangkat Bripada hinga Iptu selama tiag hari (31/7-2/8) mengikuti Ujian Beladiri Polri (BDP) periodik semester II Tahun Anggaran 2024.

Wakapolres Kebumen Kompol Muhammad Nurkholis membuka secara langsung Ujian Bela Diri Polri di halaman Mapolres Jalan Tentara Pelajar, Rabu (31/7).

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho melalui amanat yang dibacakan oleh Wakapolres mengatakan, Ujian BDP wajib diikuti oleh seluruh anggota dari pangkat Bripda hingga Iptu. Hal ini karena merupakan bagian dari komponen penilaian program 13 kompetensi SDM Polri yang unggul.

“Karena menjadi syarat utama saat mengikuti seleksi pendidikan, masuk dalam aplikasi e-Binjas Polri, serta sebagai syarat pengusulan naik pangkat serta pendidikan lanjutan bagi PNS Polri, maka seluruhnya wajib mengikuti ujian beladiri ini secara sungguh-sungguh,”tegas Kompol Muhammad Nurkholis.

Sebelum ujan, para peserta mengikuti serangkaian tes kesehatan dari Sidokkes Polres Kebumen. Jika dinyatakan sehat dan bisa mengikuti ujian beladiri, para peserta akan melaksanakan beberapa materi ujian.

Materi ujian di antaranya teknik dasar beladiri, teknik beladiri tanpa alat, dan teknik beladiri dengan alat atau melawan tanpa alat. Masing-masing materi ujian akan dinilai oleh panitia sesuai kesempurnaan gerakan saat diuji.

Kompol Muhammad Nurkholis menambahkan, ujian beladiri Polri dilaksanakan secara periodik setiap 6 bulan sekali, mulai pangkat Bripda hingga dengan pangkat Iptu.

Kegiatan ini juga bertujuan optimalisasi pemeliharaan peningkatan kemampuan beladiri personel untuk menunjang penugasan.

“Tugas Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum, maka setiap anggota Polri wajib menguasai beladiri Polri,”ujar dia.

Wakapolres menyatakan, hgasil ujian beladiri akan dilaporkan ke Polda Jateng sebagai data persone yang merupakan bagian dari komponen penilaian program 13 kompetensi SDM Polri yang unggul.

Komper Wardopo