Pemberangkatan rombongan trabas motor trail di Alun-alun Karanganyar, Kebumen, Sabtu 27/7.(Folto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) –  Sekitar 4.000 pemotor trail meramaikan perhelatan Kebumen One Day Enduro KODE#5 Ride for Fun Bhayangkara Adventure rangkaian Hari Bhayangkara Polres Kebumen.

Acara berlangsung meriah dan diikuti kurang lebih 4.000 peserta trabas motor trail dari seluruh Indonesia itu dipusatkan di Alun-alun Karanganyar, Kebumen,  27-28 Juli 2024. Sekaligus  memeriahkan rangkaian Hari Bhayangkara ke-78 Polres Kebumen.

Para peserta menempuh kurang lebih 70 km hamparan tanah Kebumen sembari diperkenalkan budaya dan sumber daya alam Kebumen.

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho berkesempatan melepas peserta trabas di depan Pendopo Karanganyar Kebumen, Sabtu (27/7).

AKBP Recky mengungkapkan,  KODE#5  yang dilaksanakan merupakan wadah untuk merangkul semua elemen di  tengah masyarakat agar bersama menjaga iklim kondusif Kebumen menjelang Pilkada 2024.

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho bersama para pejabat utama Polres dan panitia trabas motor trail di Alun-alun Karanganyar, Sabtu 27/7.(Foto:SB/Humas Polres)

Bahkan bukan hanya pecinta trabas yang dirangkul, para pedagang dadakan di sekitar Alun-alun Karanganyar serta di sepanjang rute diharapkan juga berdampak pada penghasilan mereka.

Banyak pula rumah warga yang dijadikan home stay bagi para peserta, sehingga perekonomian bisa berputar lebih dari sebelum digelar KODE#5.

“Melalui kegiatan ini, kami jadikan sarana untuk menyampaikan pesan Kamtibmas. Semua kita rangkul, karena banyak yang terlibat atau dilibatkan dalam kegiatan ini,” jelas AKBP Recky, Minggu (28/7).

Menurut Kapolres, pada kegiatan KODE#5 juga diselenggarakan bakti kesehatan maupun bakti sosial berupa sunatan masal, pengecekan kesehatan dan pemberian obat gratis, hingga pasar murah bagi masyarakat. Kegiatan ini banyak diserbu masyarakat karena cukup membantu.

Bahkan warga juga menyerbu beberapa stan yang disiapkan panitia, sejumlah sembako yang selisih harganya lumayan jauh dari harga pasaran.

Melalui kegiatan tersebut digunakan sebaik mungkin masyarakat untuk berbelanja memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

“Kami mengucapkan terima kasih, karena banyak dari masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga dengan adanya kegiatan KODE#5,  banyak manfaat yang dirasakan masyarakat kebumen,”tandas Kapolres.

Komper Wardopo