Penampilan para guru dari lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Muslimat NU (YPM NU) Cabang Jepara.. Foto: Farida Ahmad

JEPARA (SUARABARU.ID)- Yayasan Pendidikan Muslimat NU cabang Jepara pada Sabtu 6 Juli 2024 memberangkatkan sekitar 70 orang, semua berangkat dengan mengendarai bus  dan beberapa mobil untuk mengikuti Gebyar guru PAUD&TPQ dalam Festival Aswaja An Nadliyah Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dari 70 orang tersebut 18 orang adalah guru PAUD dan TPQ peserta festival. Penyelenggaraan festival berlangsung di lokasi sekitar Alon-alon  dan sekitar area Masjid Jami’ Baiturrahman Lasem Rembang (6/07) 

Yayasan Pendidikan Muslimat NU Cabang Jepara memberangkatkan sekitar 70 orang guru untuk mengikuti Gebyar guru PAUD&TPQ dalam Festival Aswaja An Nadliyah Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Foto: Farida Ahmad

Pembukaan ditandai pelepasan balon oleh Ketua Pengurus Wilayah Muslimat NU Jawa Tengah Prof Dr Ismawati Hafidz disaksikan Bupati Rembang H Abdul Hafidz beserta rombongan, serta 1500 an peserta festival dan beberapa tamu undangan. Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Prof. Jateng fraksi PPP H. Abdul Aziz,  Kapolr es Rembang diwakili Kapolsek Lasem AKP Arif Kristiawan, Dandim 0720 Rembang, diwakili Kapten CBA. Hendrik Hermawan, Kepala Dindikpora Kab. Rembang diwakili Sekretaris  Khoironi, Kabid PAUD Kab. Rembang,  Nursidhi, Camat Lasem H. Sutarwi, Kepala Kemenag KUA Lasem,  Suryanto.

Hadir juga Ketua Yayasan Pendidikan Muslimat NU, Hj. Umi Hanik, Pimpinan Cabang Muslimat NU Se-Jateng, Ketua Yayasan Pendidikan Muslimat NU Cab. Lasem, Hj.Roudlotul Jannah, pimpinan Muslimat NU Cab. Lasem Hj. Rohmah Sihab, K.H. Sihabudin ahmad, K.H. Imam Sofwan, Ketua NWCNU Ustdz Mulyoko, Hj. Maria Ulfa, Hj. Inayah Fauzi, Hj. Ubaidah, pengurus yayasan muslimat NU Se- Jateng,

Gebyar guru PAUD&TPQ dalam Festival Aswaja An Nadliyah Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Foto: Farida Ahmad

Dalam pelaksanaan festival tersebut ada 11 cabang perlombaan yang diselenggarakan. Dan diantara 11 cabang tersebut  empat lomba dari kabupaten Jepara meraih kejuaraan antara lain juara 1 lomba Lembaga PAUD berprestasi  dari TK Tarbiyatul Athfal Tahunan, juara 1 lomba membaca Al Barzanji  tingkat LPQ dari TPQ Nurul Huda Batealit, Harapan 1 Lomba guru PAUD Berprestasi dari lembaga TK TA Wedelan 02 Bangsri, dan Lomba Cipta Mars guru TPQ dari TPQ Miftakhul Huda Wonorejo Jepara.

Hj. Noor Ainy Hadi selaku pimpinan PC Muslimat NU Cabang Jepara mengaku sangat bangga dan senang atas prestasi guru PAUD & TPQ Jepara dengan segala kemampuan yang dikeluarkan dan diekspresikan  melalui lomba se Jawa tengah untuk menambah pengetahuan dan mengolah keahlian dalam mengembangkan  lembaga se-kabupaten di Jawa Tengah sehingga berhasil membawa harum nama lembaga Pendidikan PAUD maupun TPQ di bawah naungan Yayasan Pendidikan Muslimat NU (YPM NU) Cabang Jepara.

Pada kesempatan lain Farida Ahmad selaku ketua YPM NU Cabang Jepara juga menyampaikan dalam kegiatan gebyar guru PAUD LPQ dalam festival aswaja tingkat Jawa Tengah ini sangat mendukung untuk menjadi tolok ukur dan ajang prestasi guru PAUD dan TPQ se Jawa Tengah.

Di samping itu juga menjadi media eksplorasi guru untuk semakin meningkatkan kualitas dalam mendidik anak-anak khususnya dalam kurikulum Aswaja. Dan dia juga berharap untuk even dua tahun akan datang semoga Jepara bisa meraih juara umum imbuhnya.

Hadepe – Farida Ahmad