Relawan PMI Kebumen berlatih water rescue di Jembangan Wisata Air Poncowarno, baru-baru ini.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen mengadakan pelatihan water rescue atau teknik penyelamatan dan kedaruratan dalam air bagi relawan pada Rabu (28/2).

“Kegiatan ini agar meningkatkan kemampuan para relawan PMI Kebumen dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi kondisi kedaruratan di air serta menghadapi potensi bencana banjir di musim hujan,”jelas Drs Bambang Widad,i Pengurus Kabid Pbdan Relawan PMI Kebumen.

Menurut dia, pelatihan water rescue ini digelar sebagai bentuk peningkatan kapasitas relawan. Terlebih musim curah Hujan tinggi sudah masuk sejak Februari. Dalam pelatihan ini pihaknya menggandeng fasilitator handal yang akrab disapa Bang Suchuri.

Ada beberapa teknik yang dilatih untuk menambah ketangkasan dalam melakukan penyelamatan di dalam air. Mulai dari teknik penyelamatan di air, pengenalan peralatan keselamatan, proses evakuasi pengangkatan korban dari air, penyelamatan korban tenggelam, sampai teknik pertolongan pertama saat penyelamatan di arus deras.

Para relawan PMI Kebumen mendapat pembekalan pada pelatihan water rescue.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

Acara berlangsung di objek wisata Jembangan Kecamatan Poncowarno, Kebumen, melibatkan sekitar 60 peserta yang mengikuti pelatihan dengan antusias. Danau Jembangan yang airnya relatif tenang sangat cocok untuk pelatihan  penyelamatan di air bagi para relawan PMI.

Komper Wardopo