Personel TNI dari Koramil-02 Pelda Suratno, bersama Kapolsek Selogiri AKP Wiyono, tampil menjadi instruktur dalam pelatihan para Anggota Satlinmas Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Prajurit TNI dari Koramil-02 Selogiri Kodim 0728 Wonogiri bersama personel dari Polsek Selogiri, memberikan pelatihan, pembekalan dan pembinaan kepada anggota Linmas Desa Kepatihan.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas)

Tampil sebagai instruktur dari Koramil 02/Selogiri yakni Babinsa Kepatihan Pelda Suratno dan Kapolsek Selogiri AKP Wiyono. Ikut hadir Kepala Desa (Kades) Kepatihan, Agus Suyitno. Pelatihan diikuti oleh 30 anggota Linmas.

Pelda Suratno, menjelaskan, tugas Linmas sangat penting bagi masyarakat. Linmas harus bersinergi, harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya masing-masing.

”Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan di tengah-tengah masyarakat,” tandas Pelda Suratno.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan, meliputi cara melakukan deteksi dini, cegah dini dan peran Satlinmas dalam membantu pertahanan negara. Mereka juga dilatih dan dibekali teknis dasar Peraturan Baris-Berbaris (PBB).

Pelatihan ini, dilaksanakan untuk membekali para anggota Satlinmas tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)-nya sebagai garda terdepan dalam menjaga Kamtibmas.
Bambang Pur