Ilustrasi. Reka: SB.ID

RAMBUT adalah mahkota, begitu sering kita dengar. Maka, orang yang tiak punya rambut atau botak memang sering merasa ada sesuatu yang mengganggu. Rambut yang semula tebal, bisa makin menipis bahkan botak atau gundul karena berbagai hal.

Rambut rontok adalah kondisi yang dihadapi hampir setiap orang. Akan tetapi, kerontokan rambut yang lebih dari 100 helai per hari dan terjadi secara terus–terusan merupakan kondisi tidak normal yang dikhawatirkan bisa mengakibatkan kebotakan.

Selain menggunakan produk perawatan khusus untuk rambut rontok, ada beberapa langkah mencegah rambut rontok dengan bahan alami seperti mencukupi asupan nutrisi tubuh. Jika asupan nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik maka akar rambut akan kuat sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Dengan begitu rambut rontok akan berkurang.

Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari asupan gizi yang kurang hingga anemia. Berikut penjelasannya.

Asupan gizi yang kurang dapat menyebabkan rambut menjadi tipis dan mudah rapuh sehingga rambut menjadi rontok. Hal ini berisiko tinggi pada orang yang menjalani diet. Perubahan hormon wanita akibat kehamilan, tiroid, dan menopause juga dapat menyebabkan rambut rontok berlebih.

Efek samping penggunaan obat–obatan juga dapat menyebabkan kerontokan. Obat tersebut diantaranya adalah obat hipertensi, gangguan jantung, anti depresan, serta obat kemoterapi.

Masalah psikologis juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Stres berlebih, depresi, tekanan mental juga dapat menyebabkan rambut rontok berlebih. Jika anda sering mengganti produk sampo membuat rambut menjadi tipis dan mudah rontok. Hal tersebut terjadi karena bahan kimia yang terkandung dalam sampo terserap ke rambut.

Tak hanya itu, kurangnya zat besi pada penderita anemia dapat menyebabkan rambut rontok karena hemoglobin yang rendah dalam darah. Hal tersebut menyebabkan kurangnya oksigen untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Perawatan rambut rontok secara alami bisa dijadikan pilihan. Selain bebas dari bahan kimia, pasalnya tidak semua orang cocok dengan produk perawatan rambut yang dijual di pasaran.

Berikut macam–macam bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengurangi rambut rontok.

Lidah buaya. Lidah buaya telah digunakan sejak lama untuk mengatasi permasalahan rambut. Lidah buaya baik untuk kulit kepala. Lidah buaya juga bermanfaat mengurangi ketombe. Caranya dengan jel lidah buaya ke rambut dan kulit kepala selama beberapa kali dalam seminggu.

Perasan lemon. Air perasan jeruk lemon dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak lemon juga dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Anda dapat menggunakan perasan lemon atau minyak lemon sebagai masker rambut dengan cara mengoleskan ke rambut dan kulit kepala sebelum keramas selama 15 menit.

Minyak zaitun . Minyak zaitun mengandung zat besi, kalsium, vitamin A, C, D, E, dan K yang dapat mengurangi kerontokan. Gunakan minyak zaitun sebagai masker rambut dengan mengoleskannya ke helai rambut sambil dipijat lembut, diamkan 30 menit lalu bilas dengan air yang mengalir.

Bawang dan madu. Campuran air perasan bawang dan madu mengandung sulfur yang tinggi sehingga dapat mengurangi rontok berlebih. Caranya dengan mengoleskan campuran air perasan bawang dan satu sendok madu ke kulit kepala diamkan selama dua jam lalu bilas dengan sampo dan air yang mengalir.

Telur. Kandungan protein yang tinggi pada telur menjadi satu solusi untuk memulihkan rambut yang rontok. Caranya campurkan satu butir telur dan satu sendok makan minya zaitun. Lalu diamkan selama sepuluh menit, setelah terserap bilas dengan sampo dan kondisioner.

Yogurt . Kandungan kalsium, kalium, protein, dan vitamin D pada yogurt dapat menguatkan akar rambut. Caranya dengan mengoleskan yogurt ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut, diamkan 30 menit lalu bilas dengan sampo dan air yang mengalir.

Teh hijau. Teh hijau mengandung epigallocatechin–3–gallate (EGCG) yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan merevitalisasi folikel rambut. Kandungan antioksidan teh hijau dapat membantu melancarkan peredaran darah ke rambut sehingga rambut dapat tumbuh dengan cepat. Caranya adalah menyiram dua kantong teh hijau yang di seduh ke seluruh rambut diamkan 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Jika cara alami tersebut sudah diterapkan namun kerontokan rambut tak dapat tertangani, sebaiknya konsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab kerontokan guna menentukan penanganan dan perawatan yang tepat.

Aninda Eka Rahayu