Labu Kuning yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Labu kuning merupakan buah yang dihasilkan oleh sejumlah anggota suku dari Cucurbitaceae dan Lagenaria. Labu kuning termasuk sayuran yang rendah kalori. Labu kuning yang berukuran kecil biasanya hanya mengandung 20 kalori dan yang berukuran besar bisa mengandung 30 kalori saja.

Labu mengandung antioksidan dan beragam nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, seperti protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, dan zinc. Dengan daya tahan tubuh yang baik, tubuh akan lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Biasanya labu kuning sering banget ditemukan pada olahan kolak. Sebenarnya menu olahan labu kuning banyak sekali. Di antaranya bisa dibuat sayur bening, sup, ditumis, atau olahan lain.

Baca Juga: Termasuk Tanaman Liar, Tapi Taukah Kamu Manfaat Tanaman Senggani Bagi Kesehatan? Yuk Simak…

Dikutip dari laman fccmg.com, umumnya labu kuning mengandung 88% karbohidrat, 3% lemak, serta 9% protein. Dari komposisinya saja kita bisa melihat bahwa konsumsi labu kuning bisa mengenyangkan karena banyak kandungan karbohidrat di dalamnya.

Selain rasanya yang enak, ternyata labu kuning juga berkhasiat, lho. Dilansir dari Suara.com, berikut akan diulas beberapa khasiat labu kuning sehingga patut kamu pertimbangkan sebagai menu harian.

1. Cocok untuk program diet

Buat kamu yang sedang jalani program penurunan berat badan, maka cocok sekali jika mengonsumsi labu kuning. Diketahui, dalam satu porsi labu kuning (245 gram) mengandung sekitar 50 kalori, yang hanya memenuhi 2% dari total harian yang direkomendasikan. Jadi, kandungannya benar-benar rendah kalori.

Baca Juga: Lidah Buaya, Kaya Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain itu, labu kuning juga kaya akan serat. Hal ini bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menahan keinginan untuk ngemil.

2. Memperkuat sistem imun

Keuntungan selanjutnya dari rutin makan labu kuning, yaitu bisa memperkuat daya tahan tubuh. Menurut penelitian, labu kuning mengandung beta karoten, yaitu jenis antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Labu juga mengandung vitamin C yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi serta mempercepat proses penyembuhan.

3. Menjaga kesehatan mata

Sekalipun kamu gak memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami kelainan mata, tetap perlu melakukan berbagai usaha untuk melindungi organ penglihatan kamu.

Baca Juga: Manfaat Sunscreen Untuk Kulit Wajah dan Tips Penggunaanya Agar Hasil Maksimal

Studi menunjukkan bahwa beta karoten dalam labu merupakan salah satu kelompok antioksidan alami yang dapat melindungi mata. Di antaranya bisa mencegah terjadinya radang mata, menghalangi komponen cahaya tampak tertentu agar tidak merusak retina dan lensa, serta mencegah cacat fungsional yang dapat menyebabkan penyakit mata atau kehilangan penglihatan.

4. Mencegah kanker

Labu telah diketahui kaya akan antioksidan. Antioksidan ini berperan untuk mencegah oksidasi dalam tubuh, yakni proses yang dapat menghasilkan radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Dengan kehadiran radikal bebas yang bisa ditekan oleh antioksidan, maka konsumsi labu bisa sangat membantu untuk mencegah kanker.

Nah, itu tadi beberapa manfaat labu bagi kesehatan. Gimana, minat untuk menjadikannya menu sehari-hari?

Claudia