Mendag Zulkifli Hasan menyerahkan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI kepada Sekjen Kemendag Suhanto, Kamis 17/8.(Foto:SB/Kemendag)

JAKARTA (SUARABARU.D) – Kabar membahagiakan datang dari Drs Suhanto MM, putra daerah asal Kebumen yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Sekjen Kemendag) RI.

Pria asal Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kebumen ini bertepatan peringatan HUT RI ke 78  pada 17 Agustus 2023  memperoleh Piagam Penghargaan Satya Lencana Wira Karya. Ini merupakan penghargaan tertinggi dari Presiden untuk Pegawai Negeri Sipil.

Penghargaan diserahkan oleh Mendag Zulkifli Hasan. Tentu tidak sembarang PNS atau aparatur sipil negara (ASN) bisa memperoleh Satya Lencana dari Kepala Negara tersebut. Oleh sebab itu tentu penghargaan ini bisa menjadi pemantik dan inspirasi bagi para PNS di Tanah Air untuk terus meningkatkan pengabdian dan etos kerja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Sekjen Kemendag RI asal Desa Plumbon, Karangsambung, Kebumen,Suhanto.(Foto:SB/Kemendag)

 

“Alhamdulillah, berkat dukungan dan doanya, pada hari ini 17 Agustus 2023 saya mendapatkan Piagam Penghargaan Satya Lencana Wira Karya, Penghargaan tertinggi untuk Pegawai Negeri dari Presiden RI,”ujar Suhanto.

Menurut adik kandung Sudar, mantan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag RI, sepanjang sejarah Kementerian Perdagangan, baru ini satu-satunya Pejabat Kementerian Perdagangan yang mendapatkan Penghargaan atas karya dan pengabdiannya  yang sangat bermanfaat bagi bangsa dan Negara.

Suhanto memang dikenal sebagai pejabat Kemendag yang meniti karier dari bawah. Berkat ketekunannya, berbagai jabatan telah ia pegang. Pria kalem ini juga dikenal sebagai pejabat yang suka membantu warga Kebumen dan memiliki peledulian tiinggi kepada daerah asalnya.

Dalam kariernya, Suhanto pernah dipercaya menduduki Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag sejak 2019. Bahkan pada 29 Mei 2020 pria tamatan SMPN 3 Kebumen tahun 1979 itu dipromosikan sebabai Sekjen Kemendag RI.

Pada awjl Juli 2022 lalu Suhanto juga mendapat kepercayaan diangkat menjadi Komisaris Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS).

Mantan Bupati Kebumen Buyar Winarso yang dikenal dekat dengan Suhanto pun bangga dan bersyukur atas penghargaan yang dicapai Sekjen Kemendag.

“Beliau ini orang kampung seperti saya, bisa menjadi Sekjen Kemendag dan memperoleh perhargaan yang luar biasa. Ini bisa menginspirasi dan menjadi contoh anak-anak Kebumen agar lebih semangat menimba ilmu dan selalu kerja keras meraih mimpi setinggi langit,”ujar Buyar.

Komper Wardopo