Wakil Ketua Umum KONI Bidang IV, Amir Machmud NS, menyerahkan medali untuk para juara. Foto: koni

PATI (SUARABARU.ID)– Ketua Umum KONI Kabupaten Pati, Mustamaji mengatakan, pihaknya merasa bersyukur tim asuhannya mampu memenuhi target dengan raihan tujuh medali emas, di cabor Tarung Derajat Porprov XVI/2023.

Dengan hasil ini, tuan rumah Kabupaten Pati tampil sebagai juara umum pada cabor Tarung Derajat, yang berlangsung di Gedung Sasana Langen Suka, SMA Negeri 2, Minggu (6/8/2023). Tim Kodrat Pati ini, total meraih 7 emas, 4 perak dan 6 perunggu.

Sedangkan Kota Semarang hanya mampu merebut 3 emas, 5 perak, 2 perunggu, dan Kabupaten Grobogan dengan 3 emas, 1 perak, 1 perunggu. Cabor Tarung Derajat sendiri mempertandingkan 23 nomor, yang terdiri dari 17 Nomor Tarung dan 6 Nomor Seni.

BACA JUGA: Kontingen Kota Magelang Menambah Tiga Medali Emas

Usai acara penyerahan medali, Mustamaji menyebutkan, pihaknya hanya menargetkan meraih enam emas saja. Namun kenyataan di lapangan ternyata berbeda, dan dapat melebihi satu emas.

Lebih lanjut Mustamaji menyatakan, kerja keras pengurus, pelatih dan para atletnya, menjadikan hasil ini sangat luar biasa. Selain itu juga, adanya beberapa atlet Pelatda PON Jateng yang memperkuat Kabupaten Pati.

”Kami bersyukur, kerja keras pengurus, pelatih dan atlet, membuahkan hasil yang sangat luar biasa, dengan menjadi juara umum. Ini akan menjadi motivasi atlet dan pengurus, dalam pembinaannya di masa mendatang,” kata Mustamaji.

BACA JUGA: 23 Pasangan Campuran Mulai Bertarung di Cabor Bridge

Sementara itu, Ketua Pelaksana Tarung Derajat Porprov XVI/2023, Ipang Setiawan menambahkan, persaingan para atlet Tarung Derajat kini sangat merata di antara beberapa daerah.

Menurut dia, dari hasil Porprov ini nantinya para atlet peraih medali akan masuk data base Pelatda Jateng, yang dipersiapkan menghadapi Pra PON pada Oktober mendatang.

”Pada Porprov Pati Raya ini, pertandingan cabang olahraga Tarung Derajat berjalan lancar, sukses dan bisa mendapatkan atlet-atlet potensial, untuk masuk Pelatda PON Jateng,” imbuhnya.

Riyan